2013? Tajamkan Resolusi

Setiap akhir tahun dan menjelang awal tahun. Resolusi untuk satu tahun ke depan banyak bermunculan, di kertas, di blog, status FB, timeline twitter bahkan di hati masing-masing orang. Dari mulai resolusi berbasis ibadah, keluarga hingga bisnis. Memang menyenangkan menuliskan resolusi-resolusi tersebut yang tentunya disertai dengan semangat tinggi untuk menggapainya. Dalam kehidupan bisnis sudah tentu Anda menyertakan catatan-catatan untuk memudahkan me-review akan kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan, juga pencapaian-pencapaian yang sudah tercapai.

Kita semua tahu betapa pentingnya memiliki tujuan. Dan tentu saja bukan sembarang tujuan panjang atau sekedar tujuan pendek semata. Tujuan yang baik hendaknya bisa menyesuaikan keadaan (flexible and stretch). Menempatkan tujuan tanpa fleksibelitas sama dengan menempatkan pikiran hanya dalam satu kotak tanpa mengikuti perkembangan. Ada quote menarik dan sangat masuk akal. “Jika Anda tidak tahu secara pasti kemana Anda akan pergi, maka Anda tidak akan pernah sampai dimana-mana. Dan jika Anda tidak menetapkan tujuan di baris tertinggi, Anda tidak akan pernah mencapai potensi tertinggi Anda”.

Peter Bregman, (seorang strategic advisor) menyatakan; “hal di atas sangatlah menarik dan masuk akal. Apalagi diperkuat dengan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh sekolah-sekolah tinggi bisnis. Namun sebenarnya hal seperti itu hanya mitos orang-orang urban”.

Baginya, cara berpikir yang demikian seringkali menjadi bumerang dalam berpikir dan bertindak. Kita akan terpaku pada garis tujuan tinggi hingga tidak sedikit yang akhirnya hanya diam tidak melakukan apapun. Yang diperlukan hanya sedikit waktu dalam setiap hari kita untuk menentukan arah dan menjaganya, serta menyelesaikan gol-gol kecil di setiap langkah bisnis yang dijalani. Step by step and little by little.

Banyak akibat buruk dari penetapan tujuan yang besar, salah satunya adalah melupakan hal-hal kecil yang harus terlewatkan demi tetap fokus pada target atau tujuan besarnya. Bahkan banyak diantaranya (pemula) yang bergegas ingin tinggi dan kemudian terpuruk karena jalan-jalan kecil yang harus dilewatinya ternyata tidak mudah sementara pikirannya hanya fokus pada ketinggian tersebut. Ini adalah sebuah bahaya sistematis dari penetapan target dan tujuan. Mungkin sebagian dari kita sudah lupa dengan prinsip menabung. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Ya, banyak di antara kita berhasil mencapai tujuan, namun pernahkah diri kita mempertanyakan berapa banyak biaya yang keluar dari perjalanan pencapaian tujuan tersebut?. Ada yang mengatakan bahwa itu adalah harga dari pengalaman yang di dapat. Tapi manakala ada sebuah tujuan dan kita bisa mencapainya dengan biaya yang juga sedikit, kenapa tidak?

Di tahun 2013 ini, mari kembalikan tujuan dengan lebih baik lagi. Tuliskan saja sedikit, dan lakukan sedikit demi sedikit untuk menggapainya. Karena sudah jelas, di setiap tujuan terdapat banyak halangan dan rintangan yang harus dilewati dan (mungkin) tidak semuanya bisa kita lewati. Fokus saja dengan tugas yang harus diselesaikan, lupakan hasil. Tajamkan kembali pensil Anda dan bersihkan untuk teropong dengan resolusi 2013. Tajamkan resolusi Anda.

Bigger picture just a frame of an imagination, created it then lose it, just hold your steer and focus on your road. – KS

Salam kreatif.

7 thoughts on “2013? Tajamkan Resolusi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *