berpikir-positif

3 Langkah Memotivasi Diri Sendiri

Kita bagus dalam berpikir, membuat ide dan membangun rencana. Namun kemudian semua itu berhenti hanya dalam tataran konsep. Begitu sulit untuk melangkah, mengeksekusi hingga menggapai pencapaian terhadap konsep tersebut. Wajarkah semua itu?

Ada beberapa orang yang terlalu keras mengatakan bahwa hal itu merupakan bentuk kemalasan sehingga perlu diperangi. Dan seringkali salah dalam membuat sebuah sistem agar orang tidak sekedar berdiri dalam taraf wacana, lagi dan lagi. Kita sering mengajak orang tersebut agar tidak malas namun lupa mengajarkan cara mengenali pribadi masing-masing sebagai entitas yang utuh, yaitu Manusia.

Ya, manusia. Manusia memiliki emosi yang susah untuk dilawan. Manusia memiliki pikiran yang begitu mudah terganggu emosi. Saat emosi dan pikiran bercampur, seringkali emosi yang akan memenangkannya. Dan kembali lagi, itu wajar. Yang perlu kita lakukan adalah dengan terus menerus melatih diri sendiri untuk memotivasi diri sendiri, dalam keadaan apapun.

1. Mengenali emosi

Emosi bisa membuat pikiran kita menjadi penipu ulung. Faktor emosi bisa pula menjadi jembatan untuk mengenali sesuatu dengan sangat baik. Maka buatlah emosi menjadi pintu untuk berbuat lebih banyak, ciptakan suasana emosi yang lebih baik tiap waktu. Saat bad mood muncul, segera kenali dan lakukan sesuatu hal lain yang menyenangkan. Persilahkan bad mood untuk duduk terlebih dahulu menunggu sampai gilirannya datang. Saat emosi buruk ini datang di waktu tertentu, cobalah untuk memenuhinya sedikit agar kita semakin mengenal seperti apa bentuk pribadi kita saat emosi. Dengan begitu di waktu yang akan datang kita bisa mengantisipasi semua hal buruk yang mungkin bisa terjadi.

2. Berpikir positif

Buatlah selalu pikiran optimis. Yakin akan semua hal bisa dilewati dengan kekuatan kita. Cari hal yang selalu bisa memunculkan optimis dalam diri sendiri. Ini penting untuk memotivasi diri sendiri, karena hal-hal bersifat optimis menciptakan keberanian dan kebahagiaan dalam menjalani semuanya. Membuat diri sendiri menjadi lebih bahagia dengan optimisme, akan mendorong motivasi diri sendiri lebih baik lagi.

3. Memberi penghargaan

Penting bagi kita untuk memberi penghargaan kepada orang lain bahkan kepada diri sendiri. Apabila diri kita berhasil melakukan sesuatu, dan itu sukses maka patut bagi kita untuk memberi penghargaan pada diri sendiri. Misalnya, setelah seminggu berhasil kerja dengan baik, pergilah ke bioskop untuk menonton film.

Salam Kreatif.

 

3 thoughts on “3 Langkah Memotivasi Diri Sendiri”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *