Wirausaha

3 sifat otak manusia

Setiap manusia atau selanjutnya kita sebut orang, untuk Anda, saya dan mereka semua. Sudah tentu memiliki kecerdasannya masing-masing atas karunia Tuhan yang maha agung disana. Diluar tingkat kecerdasan atau level pendidikan, kecerdasan otak seseorang bisa juga disebut sebagai kecerdasan intelektual.

Kecerdasan intelektual tidak berhubungan dengan kecerdasan emosional secara langsung, namun memiliki keterkaitan berdasarkan perjalanan pembelajaran dalam menangkap serta mengembangkan hikmah maupun manfaat dari banyak kejadian yang ditemuinya. Kecerdasan intelektual diperoleh dari sekolah, kampus, forum belajar maupun perpustakaan. Sedangkan kecerdasan emosional didapatkan melalui pendidikan rumah atau keluarga, lingkungan dan saudara, serta perjalanan hidup semenjak pertama kali mengenal dunia hingga dewasa.

Seseorang dengan gelar doktor atau bahkan profesor belum tentu bisa mengendalikan amarah atau berpikir positif dan tenang bila ada sesuatu yang dianggapnya tidak cocok. Namun seorang tukang becak bisa jadi malah bisa mengendalikan emosinya saat tanpa sengaja ditabrak orang lain. Ini dikarenakan pengalaman emosional lebih besar dibanding yang bergelar doktor atau profesor. Dan masih ada satu lagi kecerdasan yaitu kecerdasan spiritual.

3 sifat otak manusia

Sifat otak manusia, sangat dipengaruhi oleh 3 kecerdasan: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Dan ada 3 sifat otak manusia yang memang sudah menjadi dasarnya sebagai individu, yakni:

  1. Takut kehilangan atau rugi
  2. Optimis tidak pada tempatnya
  3. Peng-aku-an berlebihan

Siapa yang tidak takut kehilangan atau tidak takut rugi? Hanya orang-orang dengan kecerdasan emosional yang mampu menjawab tidak takut kehilangan dengan jujur. Saya termasuk orang yang memiliki optimisme sangat tinggi, yang seringkali tidak pada tempatnya. Hingga pada akhirnya saya mengakui bahwa optimisme juga harus didasari kenyataan, atau biasa saya sebut optimis realistis. Dan belakangan ini banyak sekali orang yang berlebihan dalam memegang sikap “aku” baik itu pilihan politik, cara pandang agama, cara berpikir bisnis maupun kehidupan biasa lainnya.

Ini adalah 3 dasar sifat otak manusia, setiap manusia memilikinya dan saya akan bahas penjabarannya masing-masing di tulisan selanjutnya.

Bagaimana menurut Anda?

Salam kreatif.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Pencarian yang datang:

  • sifat otak ma

2 thoughts on “3 sifat otak manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *