4 Tips Cara Fokus

Fokus. Sering menjadi permasalahan sendiri bagi banyak orang, tidak terkecuali saya. Oleh karenanya membutuhkan perjuangan yang besar untuk melawan diri sendiri agar senantiasa fokus dengan pekerjaan atau mungkin bisnis yang ingin dicapai. Banyak sekali tips dari orang-orang sukses bertebaran baik melalui buku maupun artikel di internet tentang cara fokus yang baik. 

Fokus. Seperti musuh dalam selimut bagi setiap orang. Ketidakmampuan untuk fokus, sering menimbulkan kecanduan peluang. Sebab pada akhirnya, orang yang kecanduan peluang tidak pernah kemana-mana. Alias hanya berdiri ditempat tanpa meninggalkan sesuatu yang berharga untuk masa depan.

Dan 4 tips cara fokus dari orang-orang hebat ini, saya rasa cukup untuk dijadikan pelajaran yang bagus. Bagi siapapun.

1. Memahami Gaya Bekerja Diri Sendiri

Eric Holtzclaw (Lean Forward), menyarankan. Pahamilah siapa diri sendiri dan bagaimana manakala bekerja. Kita perlu untuk menerima seperti apa cara kita bekerja. Dengan memahami cara kerja diri sendiri, maka kita bisa lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan satu per satu. Orang lain yang bekerja dengan kita pun hendaknya bisa dikondisikan untuk membangun waktu yang tepat dan suasana yang pas dalam bekerja bersama.

2 . Tetap Berpikir Saat ini

Minda Zetlin (Start Me Up), menyarankan. Salah satu cara fokus yang bagus adalah dengan mengerjakan apa yang saat ini ada dihadapan. Tetap berpikir yang saat ini sedang dilakukan, tidak dengan terlalu banyak mengantisipasi hal-hal yang “kemungkinan” akan terjadi di masa depan. Perihal masa depan itu masih dalam kategori “mungkin” jadi apapun bisa terjadi. Jangan rusak pikiran kita dengan memikirkan apa yang belum terjadi, karena saat ini yang baik akan lebih membawa hal yang lebih baik di masa datang.

3 . Lakukan, Delegasikan, Menunda, Buang

Lee Colan (Leadership Matters), memiliki beberapa catatan untuk memperkuat cara fokus dalam membangun kinerjanya.

– Lakukan pekerjaan yang penting dan mendesak

– Mendelegasikan pekerjaan yang penting dan mendesak

– Menunda pekerjaan yang penting namun tidak mendesak, dan pastikan kita menetapkan tanggal jatuh tempo untuk melakukan pekerjaan tersebut.

– Buang pekerjaan yang tidak penting dan tidak mendesak.

4 . Respon bukan Reaksi

Marla Tabaka (The Successful Soloist), menyarankan. Lakukan respon yang baik dengan membangun pikiran dan membuat daftar sesingkat mungkin untuk menetapkan prioritas serta memecahkan masalah. Jangan merasa tertekan dalam membuat sebuah keputusan yang cepat. Kecuali jika memang sedang dalam darurat. Tuliskan segera kepentingan yang akan dituju, supaya produktifitas semakin meningkat dan mengurangi stress.

—|

Artikel ini adaptasi dari INC.

Salam Sukses

3 comments found

  1. Anda agak kurang pokus; 4 tips tapi di awal tulisan Anda menyebut: “Dan 5 tips cara fokus dari orang-orang hebat ini, saya rasa cukup untuk dijadikan pelajaran yang bagus. Bagi siapapun.” Thanks for sharing anyway 🙂

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.