5 Alasan Penting Memunculkan Brand Bisnis

5 Alasan Penting Memunculkan Brand Bisnis

“Mas, kenapa sampeyan memutuskan menggunakan nama Cipendawa dibandingkan Terminal Hiace?

Berbisnis, tentu membutuhkan nama yang tepat agar lebih mudah bagi kita mengenalkan bisnis kepada orang lain atau bahkan calon pelanggan. Tapi benarkan nama atau merek atau brand hanya sekedar penamaan biasa semata? Pernahkah Anda menyadari akan betapa pentingnya sebuah brand dalam bisnis, atau bahkan tidak tahu mengapa harus memiliki brand?

Brand adalah persepsi yang harus kita ciptakan agar pelanggan bisa memahami citra dan keterikatan rasa emosional dengan merk produk serta bentuk pembeda antara bisnis kita dengan pesaing. Upaya – upaya yang harus kita lakukan dalam membentuk brand bisa meliputi beberapa hal sebagai berikut;

Unsur brand yang penting untuk dipahami

  • Pembuatan Nama yang mudah diingat
  • Kesesuaian Nama dengan produk
  • Akan sangat bagus bila Nama bisa digunakan untuk multi tujuan

Lantas, mengapa branding begitu penting bagi bisnis anda terutama para pengusaha pemula? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lima poin berikut bisa menjadi acuan yang tepat:

1. Branding bisa menyampaikan pesan dengan jelas

Disini komunikasi memegang peranan yang cukup vital untuk menyampaikan pesan merk anda kepada para pelanggan. Sehingga pelanggan langsung paham apa layanan serta produk dari Branding yang muncul.

Proses branding itu sendiri dalam hal ini merupakan sebuah metode komunikasi yang baik dan terarah. Sebuah merk yang baik, mampu menyampaikan manfaatnya dengan jelas kepada pelanggan tanpa harus melibatkan proses periklanan yang cukup mahal.

Karenanya saat pelanggan menggunakan merk produk anda, mereka berharap bahwa merk itu mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Sebab itu, saat membangun merk anda harus menentukan dimuka, pesan seperti apa yang hendak disampaikan kepada pelanggan saat mereka menggunakan merk produk yang anda tawarkan.

2. Membentuk kredibilitas

Apa yang diharapkan oleh pelanggan saat mereka memutuskan untuk membeli produk anda dibanding membeli produk pesaing? Sederhana. Mereka berharap produk anda mampu memberikan solusi yang mereka harapkan, walaupun mungkin produk pesaing juga mampu memberikan hal yang sama.

Namun karena dalam persepsi mereka merk produk anda telah berhasil diidentikkan sebagai sebuah solusi yang paling pas untuk memecahkan masalah mereka, maka produk ini telah berhasil membangun kredibilitas sebagai solusi yang paling sempurna untuk masalah yang tengah mereka hadapi. Pertanyaannya, bagaimana hal ini bisa terjadi?

Bangunlah kredibilitas produk anda dengan baik. Misalnya dengan terus berinovasi untuk menjadi lebih baik. Menunjukkan kualitas layanan yang terbaik bagi para pelanggan. Semakin tinggi tingkat kualitas merk produk anda, maka akan semakin meningkat pula kredibilitas bisnis anda di mata pelanggan.

3. Membangun hubungan emosional

Proses branding yang baik mampu menciptakan hubungan emosional antara pelanggan dengan merk. Seringkali pelanggan dalam memutuskan sesuatu lebih menggunakan emosi ketimbang logika.

Misalnya saja ketika pelanggan hendak membeli air minum dalam kemasan. Seperti yang kita ketahui ada banyak air minum dalam kemasan dengan berbagai merk yang dijual di pasaran. Rata-rata harga yang ditetapkan serta kualitasnya hampir sama. Lantas mengapa masih banyak saja orang yang memilih air minum dengan merk tertentu? Padahal masih banyak air minum dengan merk lain yang berkualitas bahkan lebih murah dibanding merk tersebut?

Itulah kekuatan sebuah merk. Produk tersebut telah berhasil membangun proses branding yang sangat baik terhadap pelanggannya. Mereka membangun hubungan emosional yang erat dengan mengkomunikasikan kepada para pelanggannya bahwa produk tersebutlah yang telah banyak berbuat untuk masyarakat.

Hubungan emosional yang terbentuk dengan baik antara pelanggan dengan merk akan memperkuat citra merk serta perusahaan di masyarakat, yang pada gilirannya memperkokoh posisi merk di peta persaingan.

4. Mampu memotivasi calon pelanggan

Ketika pelanggan telah menerima pesan yang disampaikan oleh merk anda dengan baik. Kemudian kredibilitas anda juga telah terbentuk dalam persepsi mereka, dimana hal ini lantas menciptakan hubungan emosional yang kuat antara merk dengan pelanggan. Setelah hubungan terjalin kuat maka merk tersebut akan menjadi motivasi tersendiri bagi pelanggan untuk secara berkesinambungan terus membeli serta menggunakan produk atau jasa anda.

Inilah hasil yang akan dicapai jika hubungan yang kuat telah terbentuk antara merk dan pelanggan. Mereka akan mengasosiasikan merk anda sebagai solusi terbaik terhadap permasalahan yang mereka hadapi. Dan hal ini hanya dapat tercapai jika tiga poin sebelumnya telah mampu anda laksanakan dengan baik.

Karenanya, fokuskan upaya anda untuk melaksanakan tiga poin diatas dengan sebaik-baiknya agar merk anda mampu memotivasi serta mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan pelanggan.

5. Membangun pelanggan setia

Jika pelanggan telah membeli produk anda serta merasakan manfaatnya, dan jika proses branding diatas telah berhasil anda lakukan dengan baik maka mereka berpeluang untuk menjadi pelanggan setia anda.

Ingatlah bahwa untuk membangun pelanggan yang setia anda harus melaksanakan proses branding tersebut secara maksimal dan terurut. Karena pada intinya proses tersebut saling berhubungan satu sama lain.

Anda tidak mungkin mendapatkan pelanggan setia jika merk anda tidak mampu menimbulkan motivasi pada benak pelanggan. Dan motivasi juga tidak mungkin akan terbentuk jika hubungan antara merk dan pelanggan sendiri tidak kuat.

Inilah mengapa saya memutuskan mengganti nama TerminalHiace.com menjadi Cipendawa.com bagi produk layanan sewa mobil saya, karena Branding yang lebih mudah dan kuat bagi pelanggan serta aman dari hak cipta perusahaan lain.

3 comments / Add your comment below

  1. Pencerahan yg membuka wawasan orang awam tentang pentingx merk.
    Mas Kika masih ingat sy. Entah tahun berapa sy n istri bertemu Mas Kika di Hotel Metro Semarang.
    Sy Budi tinggal di Kudus.
    Semoga sehat n sukses selalu aamiin.

Leave a Reply

%d bloggers like this: