cms-wordpress01

5 Fakta Menarik tentang WordPress

Tahun 2015 ini, WordPress merayakan keberadaannya selama 15 tahun mewarnai dunia digital internet. WordPress adalah Content Management System (CMS) dengan pengguna terbanyak di dunia. Saya termasuk penggemar WordPress terutama untuk blogging.

Keberadaan WordPress yang dibagikan secara gratis ini berhasil membantu ribuan atau bahkan mungkin jutaan orang dalam mengembangkan bisnisnya. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang wordpress yang mungkin belum Anda ketahui;

1: Apa itu WordPress?

WordPress adalah Content Management System (CMS) berbasis PHP dan MySQL yang bisa di unduh secara gratis, dengan tujuan awal sebagai mesin blogging. Namun kemudian berkembang menjadi sistem yang sangat dinamis dan inovatif diseluruh dunia. Fitur plugin dan theme (tema) adalah fitur paling menarik dan terus dikembangkan oleh ribuan developer.

WordPress pertama kali dirilis pada tanggal 27 Mei tahun 2003, didirikan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little sebagai perangkat lunak berlisensi gratis di bawah GPLv2. Versi pertama dirilis adalah 0,7 dan tidak sampai di tanggal 3 Januari 2004 WordPress versi 1 dirilis. Saat ini versi telah mencapai jumlah 4.2.2.

2: Mengapa WordPress gratis?

WordPress adalah perangkat lunak gratis 100% dan didistribusikan di bawah lisensi GNU disebut (Lisensi Umum). Artinya bisa didistribusikan secara gratis dan bebas mengunduhnya melalui wordpress.org. Bahkan diperbolehkan memodifikasinya menyesuaikan kebutuhan.

Perusahaan dibalik WordPress bernama Automatic. Meskipun begitu, wordpress tetap konsisten untuk menyediakan CMS ini secara gratis. Sebab ada ribuan relawan yang turut serta membangun wordpress menjadi besar.

3: Berapa banyak orang menggunakan WordPress?

Ada lebih dari 66 juta situs dibangun dengan platform WordPress. Itu artinya lebih dari 23% web yang beredar di internet menggunakan WordPress. Beberapa situs besar yang menggunakan wordpress; CNN, Forbes, TechCrunch, Mashable, The New Yorker, BBC Amerika, Variety, Sony Music, Best Buy dan bahkan Beyonce.

4: Berapa banyak theme dan plugin yang ada?

Menurut angka terbaru ada lebih dari 2.700 tema gratis berada di WordPress.org dan telah diunduh sebanyak 18.008.809 kali (dan terus bertambah). Banyak juga situs marketplace yang menyediakan penjualan theme premium diantaranya Themeforest dan CreativeMarket. Diperkirakan ada 20.000 orang di seluruh dunia yang hidup dan membuat uang melalui WordPress setiap harinya.

Dalam katalog resmi WordPress.org sekarang ada lebih dari 34,544 plugin gratis tersedia yang telah diunduh 783.293.130 kali (dan terus bertambah). Sama seperti theme, ada juga plugin premium yang tersedia dan dijual bebas.

5: Berapa banyak bahasa yang ada?

Pada awal berdirinya WordPress, bahasa yang digunakan hanya Bahasa Inggris. Kemudian perkembangan sampai sekarang, WordPress memiliki 73 bahasa dari seluruh dunia. Ini artinya bahwa WordPress dikembangkan oleh semua orang diseluruh penjuru dunia.

Bahkan ketersediaan bahasa ini sudah dalam sistem CMSnya, dimulai dari versi 4.1 hingga versi yang terbaru sekarang.

WordPress sangat menarik, dan dalam beberapa situs untuk kebutuhan saya, saya menggunakan WordPress. Seperti; Blog Puisi, Blog ini dan Situs Klinik Vegi dengan tagline Implan Gigi adalah Karya Seni. Bagaimana pendapat Anda?

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

3 thoughts on “5 Fakta Menarik tentang WordPress”

  1. hehe, saya termasuk salah satu dari 20.000 orang yang hidup dari WordPress berarti ….
    bisa ditambah lagi, WordPress amat sangat mudah buat orang yang non-programmer seperti saya…. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *