sudut pandang

7 Langkah menjadi Entrepreneur

Berikut ini ada 7 langkah menjadi entrepreneur;

1. Mulailah dengan sebuah MIMPI.
-> Untuk membuat mimpi besar menjadi kenyataan, kita harus terlebih dahulu memiliki mimpi besar.

Kita harus punya mimpi tentang sesuatu, baik itu Berdagang, Pabrikasi, bisnis JASA, atau APA SAJA yang kita ingin mulai baik itu kecil, sederhana, atau pun besar dan kompleks. Apapun itu mulailah dari sana. Sesuatu yang disukai.

2. BELAJAR SEMUANYA tentang hal itu.
-> Kesempurnaan adalah secara rinci.

Produk Anda, pesaing, spesifikasi, KEBUTUHAN KEUANGAN, cara menjual, siapa yang harus menjual, penentuan harga yang terbaik, bagaimana kita dengan pesaing, lokasi kita dan ditambah jutaan detail bahwa kita HARUS TAHU TENTANG itu.

3. KONSULTASIKAN.
-> Mencari SARAN, tapi tetap MENGIKUTI KEPERCAYAAN kita SENDIRI.

Konsultasikan pada ORANG TUA, mantan bos, konsultan, Tanya para ahli, teman terpercaya, NETWORK, meski pada akhirnya kita harus tetap mengikuti hati diri sendiri. Keputusan akhir adalah milik kita. Sangat sering saran dari para ahli adalah benar dan bermanfaat, bisa MENGUBAH impian, tapi pada akhirnya semua ADALAH KEHIDUPAN kita, Perang kita sendiri dan kita adalah salah satu yang dapat membuat perbedaan.

4. SIAPKAN PERANG Anda.
-> Waktu untuk persiapan akhir.

Carilah dana, UANG dimana-mana ;), kita dapat meminta, meminjam itu, membuat kemitraan, dan lain-lain. Membuat rencana, hubungi orang yang akan jadi pemasok, lakukan lobi. Hubungi Teman untuk dijadikan pelanggan. Lakukan setiap rencananya. Lakukan yang terbaik dari yang dapat dilakukan, mencari lokasi yang cocok, nama perusahaan, hal-hal hukum dan lain-lainnya. Persiapkan SEGALANYA secara rinci.

5. Hitung Resiko
-> Tidak ada kesakitan maka tidak ada kemenangan!

Setiap bisnis adalah tentang mengambil, bisa kecil, bisa besar, selalu ada risiko dalam setiap hal, dan hakikat tentang Kewirausahaan adalah keberanian mengambil resiko. Kita harus bisa menghitung bahwa setiap ada kesempatan besar untuk sukses, maka kita harus segera memulai.

6. Lakukan Segera!
-> Waktu terbaik adalah SEKARANG!

Ketidaksempurnaan adalah kehidupan, tetapkan sendiri batas waktu kita, dan ketika waktu itu dating segera lakukan. Selalu akan ada perubahan, baik arah maupun cara bahkan model bisnis. Yang terpenting teruslah lakukan. Dan buatlah diri kita ahli di bidang kita.

7. Beradaptasi, ganti, dan lakukan lagi.
-> Ketika Titanic tenggelam. Anda harus mampu menghadapi KEGAGALAN.

Selalu ada risiko kegagalan dan pasti hal itu terjadi, persiapan dengan hal buruk dan tetap terus lakukan yang terbaik. Ketika kegagalan memukul kita, segera bangkit dan saatnya berpikir kembali masuk ke dalam pertarungan usaha. Kompromi dengan segala sesuatu, bermimpilah lagi, buat rencana lagi, dan lakukan lagi, terima kegagalan tapi jangan menyerah. Kembali ke no.1, impian lagi, belajar lagi, ASK, PLAN, DO IT AGAIN!

***** Keberuntungan = Persiapan bertemu dengan Kesempatan *****

Mulailah membuat langkah menjadi entrepreneur, semua akan menjadi lebih terlihat saat Anda sudah memulai langkah menjadi entrepreneur.

5 thoughts on “7 Langkah menjadi Entrepreneur”

  1. sangat setuju mas:)

    Terkadang orang selalu menunggu waktu yang tepat, hal ini yang biasanya membuat iya semakin jauh dan jauh dari yang namanya keberhasilan.

    Yang hitung resiko juga jarang orang lakukan, yang ada ialah hitung untung..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *