7 x 7 = 49: Fase Kehidupan Kita Setiap 7 tahun.

7 x 7 = 49: Fase kehidupan kita setiap 7 tahun.

Dalam sebuah keyakinan akan aura kehidupan, ada kepercayaan akan putaran kehidupan itu terjadi setiap fasenya adalah 7 tahun. 3 kali 7 tahun pertama, kita melihat kedalam, kepada diri kita sendiri. 4 kali 7 tahun kemudian kita melihat keluar diri kita. Kedua periode besar itu adalah dalam pelebaran horisontal. 49 tahun adalah masa pengembangan kesamping. Dan pada 5 x 7 tahun berikutnya adalah pencapaian harmony dan spirituality yang merupakan pengembangan vertikal keatas.

1. 1-7 tahun: Protection period, Fase Perlindungan, dimana kita menjadi anak kecil yang tidak tahu menahu dan menerima apa saja yang diberitahukan orang tua kita.

2. 8-14 tahun: Learning and Questioning, Fase Pembelajaran, dimana kita mulai mempertanyakan apa saja: Mengapa daun hijau, dari mana datangnya hujan, siapa yang mengatur dunia ini, dan seterusnya.

3. 15-21 tahun: Rebelion: Penentangan. Kita mau memberontak pada aturan dan budaya, inilah masa kita mau menentukan diri sendiri. Tiga fase ini semuanya adalah tentang kata “Saya”, melihat kemauan dan kebutuhan diri sendiri, tidak mempedulikan orang lain, semuanya adalah tentang cintaku, diriku, mauku, masadepanku. Semuanya adalah tentang “Aku”.

4. 22-28 tahun: Finding Identity: Pencarian Jati Diri. Kegelisahan jiwa mulai membuat kita memandang keluar, melihat dunia dengan mata baru, dan mencoba menyamakan identitas kita dengan dunia luar; bahwa “Aku” itu sebenarnya siapa? Kitapun mencari keluar. Mencari pasangan, mencari jati diri, mencari apa yang sebenarnya kita inginkan dalam hidup ini.

5. 29-35 tahun: Building and Forming: Pembentukan diri. Setelah menikah, berkeluarga, kita mulai membentuk diri kita, panggilan pekerjaan kita mulai terlihat. Kita mulai memilih apa yang akan kita bangun dalam hidup ini. Melihat kesempatan dan menangkap yang sesuai dengan hati kita, dan menetap disana.

6. 36-42 tahun: Growing Period: Masa Pertumbuhan diri. Mengembangkan apa yang kita yakini, menumbuhkan bisnis, kehidupan, network, persahabatan, dan akar2 bisnis kita. Menjadi lebih besar dan berkembang. Kita telah menanam cinta, tinggal menunggu buah keajaiban.

7. 43-49 tahun: Wisdom Period: Maturity time for every individuals, Pematangan diri. Masa kearifan dan akhir dari masa horisontal, masa akhir dari melihat keluar dan pengejaran duniawi. Secara umum, pencapaian sudah selesai, bisnis sudah terbentuk, dan kita sudah selesai dengan pencarian diri kedalam dan keluar.

8. 50-56: Peace and Balance: Kedamaian dan Keseimbangan. Awal dari masa Vertikal: Menyatukan diri dengan harmonisasi dan spiritualisasi kejiwaan kita. Masa duniawi sudah lewat, kita mulai melihat semuanya dari peta yang lebih luas dan besar. “Aku” sudah kita hapus secara pelahan dalam kehidupan kita.

9. 57-63:One-ness: Penyatuan. Semua hal adalah satu, tidak ada keserakahan, hanya ada kebesaran kehidupan.

10. 64-70: Finding Spirituality: Penemuan Kedamaian dan Keyakinan akan keseimbangan spiritual.

11. 71-77: Reaching “It”: Pencapaian jati diri sepenuhnya akan diri kita dan alam semesta.

12. 78-end:Knocking on Heaven’s Door: Reapness to enter the “other side”: Siap pindah dunia, siap menjenguk sisi sana hidup ini. Akhir dari perjalanan. The Edge of everything. Inilah 5 fase vertikal manusia yang dimulai pada 50 sampai “akhir” nya, berapapun umur anda.

12 potong fase kehidupan manusia secara umum adalah seperti itu. Dimana kita mulai dari lahir, mencapai kedewasaan pada umur 21, selalu melihat kedalam diri kita, dan mengisi diri kita dengan ilmu, dan pengetahuan. Lalu sampai 49 kita melihat apa yang ada diluar kita, dan mengembangkan diri mencapai maksimum pada 49.

Lalu kitapun harus siap memasuki fase baru, fase vertikal: Dimana uang, jabatan, keserakahan sudah tidak lagi bermakna banyak, dari 50 hingga akhir kita hanya akan mencoba menyeimbangan diri dan berjalan menjalani perjalanan kehidupan kita dengan kearifan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *