8 Faktor Kesuksesan

Faktor Kesuksesan

Beberapa kali saya mengikuti seminar, beberapa kali juga membaca buka tentang bisnis, motivasinya hingga implementasinya, beberapa kali itu pula saya kehilangan pemahaman. Karena pada dasarnya, bila ditarik garis lurus, maka kesuksesan baik dalam bidang bisnis atau sosial ada dalam 8 faktor kesuksesan ini;

  • PASSION
    Kerjakan segala sesuatu dengan gairah, dengan cinta. Kecintaan dan gairah positif akan meningkatkan kinerja kita. Kesuksesan lebih mudah dicapai dengan kecintaan terhadap pekerjaan. Kerjakan karena Anda mencintai nya, jangan hanya karena mengejar sukses atau kekayaan saja.
  • WORK
    Kesuksesan datang bersama dengan kerja keras. Menurut Richard Branson (CEO Virgin group); pekerjaan itu harus menyatu, menggairahkan, menggetarkan dan menyenangkan. Mungkin saja tidak semua usaha akan sukses tetapi kita sudah memberikan yang terbaik dengan bekerja secara maksimal, dengan sekuat tenaga kita.
  • GOOD
    Jadilah yang terbaik dalam satu hal, tidak perlu semua hal. Latihan dan perbaikan akan membuat kita jadi lebih hebat. Jadilah ekstrimis, yang hebat disalah satu bidang saja, Tiger Wood di golf, Chairil Anwar di Puisi, Steve Jobs di Innovation, dan seterusnya.
  • FOCUS
    Untuk menjadi terbaik dalam suatu hal, kita harus fokus terhadap tujuan kita. Dalam perjalanannya tidak ada salahnya mencoba berbagai cara, selama itu mempunyai tujuan yang sama. Terpenting adalah focus, satu titik api pada suryakanta, menyatukan sinar matahari membakar kertas. Fokus.
  • PUSH
    Terkadang kita merasa malas, malu, lelah, bosan, atau bahkan meragukan kemampuan kita. Tetapi demi sebuah kesuksesan, kita harus memaksa diri untuk mencoba lagi. Kondisikan diri dalam ke“terpaksa”an, dengan begitu kita dengan sendirinya merasa terpaksa untuk melaksanakanya. Mungkin tidak akan mudah, bantuan Ibu, family, orang dekat, atasan, teman dan family dapat menolong anda.
  • SERVE
    Melayani, memberikan suatu nilai tambah kepada orang lain merupakan kunci sukses seorang milliuner. Tidak ada satupun orang sukses tanpa menukarkan suatu nilai dari dirinya. Bahkan pemenang lotre pun harus rela mengantri, membeli dan mengisi kupon untuk mendapatkan kesempatan untuk menang. Apa yang anda kerjakan, siapa yang anda layani?
  • IDEAS
    Ide adalah sumber kesuksesan. Awal kesuksesan Bill Gates dengan Microsoft bermula dari idenya untuk drop out dari sekolah dan menciptakan micro-computer software. Ide tidak harus murni dari diri sendiri, bisa merupakan kombinasi ide dari berbagai sumber. Dan yang terpenting adalah mencairkan idea menjadi tindakan yang menghasilkan kerja.
  • PERSISTS
    Pantang menyerah, kata terakhir untuk menjadi sukses. Perjalanan sukses akan selalu melewati ketidaknyamanan, melewati kegagalan. Tetap saja maju dan berjuang, betapapun lelahnya anda. (Kesulitan biasanya dating dalam bentuk CRAP: Criticsm, Rejection, Assholes, Pressure; Kritik, tolakan, hal yang menyebalkan dan tekanan). Jadikan segala kegagalan sebagai batu loncatan kearah sukses.

Diluar 8 hal tersebut, ada lagi factor “x”, yang sering tidak dapat kita minta atau upayakan, dalam bahasa umum “Luck Factor”, yang bisa saja berbentuk kesempatan, kebetulan, atau apapun yang tidak direncanakan dan datang pas pada saatnya.

Seperti yang terus saya lakukan dengan Alurkria – Indonesia Digital Campaign.

1 thought on “8 Faktor Kesuksesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *