Akhirnya Desain Web Responsif jadi Kebutuhan

Topik Desain Web Responsif sebenarnya sudah menggejala sejak akhir tahun 2012 yang lalu. Bagi desainer, topik ini sudah “panas” sejak awal karena fungsi desain ini yang dianggap bisa memberi “solusi” yang lebih “murah” dibanding harus membuat desain web dengan aplikasi wap dan lain-lainnya. Pada kenyataannya, kebutuhan website sudah mencapai titik dimana dibutuhkan bisa di akses melalui peralatan apapun tidak harus dengan laptop browser atau pun PC browser. Ya, karena kebutuhan bisnis pun sudah begitu dinamis. Dimana semua bergerak cepat melintas dan memangkas begitu banyak jarak.

Namun, membuat desain web yang responsif dibutuhkan struktur yang rapi, akan sangat sulit mengintegrasikan website ke dalam semua perangkat yang berbeda-beda dalam satu versi yang bagus. Perbedaan sebuah versi dengan versi lainnya sangat signifikan, oleh karenanya, bila struktur website berantakan bukan tidak mungkin makin memperburuk tampilan web di setiap perangkat yang berbeda.

Kenapa Desain Web yang Responsif jadi kebutuhan?

Dalam survey yang dilakukan oleh Enders Analysis, 2013. Di masa depan semua akan terintegrasi dengan perangkat gadget, mobilitas yang sesuai dengan kondisi bisnis yang memang sudah sangat dinamis tentu hanya dengan perangkat Gadget. Paling mudah untuk mendeteksi adalah gejala dikeluarkannya perangkat gadget dengan berbagai macam merk dan type. Sudah mulai muncul, seorang pengusaha yang bisa mengelola perusahaannya hanya dengan sebidang gadget berukuran layar 3,4 inch. Sudah mulai banyak orang mengelola usahanya hanya dengan mengandalkan gadget yang ringan dan bisa dibawa kemana-mana.

Maka sudah waktunya untuk memprioritaskan desain web yang responsif bagi website usaha atau perusahaan dan memasukkan anggaran yang tepat untuk ini. Dan ingat, tampilan responsif tidak tidak cukup hanya dengan satu tampilan gadget. Seperti yang saya tulis diatas, hampir semua produsen gadget mengeluarkan produk dengan berbagai macam versi ukuran dan tipe. Google pun lebih “bersahabat” dengan desain web yang responsif karena hanya mengandalkan satu URL tidak bermacam-macam. Sekaligus dengan ini, sama artinya dengan kita memiliki hanya satu tempat untuk menganalisa strategi dan mengekspos kembali strategi marketing yang lebih tepat.

Desain Web Responsif di Masa Depan

Perlu diingat, desain responsif masih dalam masa pertumbuhan, dengan masa depan terlihat sangat cerah. Ada banyak hal menarik datang dengan desain responsif. Seperti yang perusahaan saya lakukan untuk produk-produk theme ecommerce yang menjadi produk andalan. Menggunakan elemen desain responsif dalam aplikasi web, dan terus mengeksplorasi daerah-daerah dimana desain responsif muncul dengan menguji banyak integrasi yang sekarang tersedia.

Memanfaatkan teknologi ini di masa depan akan memungkinkan perusahaan kita untuk mengintegrasikannya ke dalam situs layanan-layanan yang besar dan masuk ke dalam backend-nya, seperti Facebook, Twitter, Salesforce.com, dan Amazon Web Services, dan kemudian menyajikan kembali data yang terintegrasi dengan lapisan front-end. Dengan desain web yang responsif maka aplikasi akan nampak lebih bagus dan terlihat hebat tanpa melakukan penyesuaian coding untuk setiap layar perangkat yang tersedia.

Akhirnya Desain Web yang Responsif jadi Kebutuhan dan temukan desainer yang bagus untuk membuat desain web yang responsif bagi usaha Anda.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.