Aku Pintar Maka Aku Istimewa

Aku Pintar Maka Aku Istimewa

Di sebuah Adegan Film Spider Man 2, ketika Dr Octopus dan Spider Man tinggal berhadapan berdua, terjadi dialog yang sangat menentukan akhir dari Film tersebut. Spider Man mengingatkan Dr Octopus tentang kalimat “Kepandaian yang dimiliki adalah untuk manfaat orang banyak” dan Dr Octopus pun menjawabnya dengan kalimat “Previllage” atau keistimewaan. 

Disini bisa kita tarik garis besar dari semua kehancuran (diluar kuasa Tuhan) adalah berawal dari kepandaian manusia itu sendiri. Keistimewaan (kepandaian) yang teracuni oleh kepentingan dengan berbagai dalih dan dalil untuk menguatkannya. Sehingga ketika terjadi pertikaian hingga berdarah-darah pun, kepandaian masih sering digunakan sebagai tamengnya.

Ada satu prinsip yang saya cintai dari Islam yaitu Rahmatan Lil Aalamin, yang artinya rahmat bagi alam semesta. Prinsip ini seharusnya bisa muncul dibagian paling belakang alias muncul bilamana kita sudah deadlock dalam memecahkan masalah Agama maupun kepentingan lainnya. Kenapa begitu? Karena kepandaian (keistimewaan) seharusnya bisa menjadi rahmat bagi alam semesta bukan golongan semata apapun Agamanya.

Semua unsur ini terjadi dan berawal dari pendidikan. Kurangnya penanaman pengertian tentang kemanusiaan, terlalu banyaknya pengertian untuk terus menang dan menjadi nomor satu, tidak adanya pelajaran siap kalah serta mengaku salah, dan banyak lagi. Menjadikan bangsa ini hanya bisa mengerti bahwa Aku Pintar maka Aku Istimewa tanpa tahu Keistimewaan yang dimilikinya untuk apa.

Salam Kemanusiaan.

1 comment found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.