Menjauhi Narkoba Bersama Anako

Menjauhi Narkoba Bersama Anako

Saya yakin bahwa di antara pembaca tulisan ini belum pernah melihat secara langsung seperti apa itu Sabu, Morfin, dan sejenisnya. Bahkan mungkin juga belum tahu nama-nama medis dari segala bentuk jenis narkotika tersebut. Padahal sangatlah penting bagi kita untuk mengenali bentuk dari barang-barang memabukkan tersebut. Memahami nama-nama media mereka juga perlu agar tidak mudah tertipu atau salah dalam menggunakannya.

Saya yakin pula bahwa banyak di antara kita tidak mendapatkan hal-hal yang seharusnya bisa didapatkan seperti kasih sayang, lingkungan kondusif dan lainnya. Ada yang bertahan kuat menahan godaan dan ada yang akhirnya terjerembab masuk ke dalam kubangan narkoba. Saya juga yakin banyak diantaranya yang belum memahami seperti apa saja hukum memandang kasus penyalahgunaan narkoba ini, agar kita mengerti bahwa akan ada konsekuensi baik secara moral maupun hukum yang akan menghakimi bila kita terjebak menggunakan narkoba bahkan menjadi pecandu.

Jauhi Narkoba Bersama Anako

Maka lahirlah Anako, yang diambil dari singkatan Anak Anti Narkoba. Berawal dari sebuah diskusi hangat di sebuah grup whatsapp, kemudian berkembang menjadi aksi nyata dengan membuat aplikasi gerakan sosial anti narkoba. Anako diharapkan bisa membantu banyak orang mendapatkan informasi terkait seluk beluk narkoba, membantu pecandu mendapatkan tempat terapi, membantu orang memiliki teman untuk memerangi narkoba dan sebagainya.

kasih-sayang-orang-tua

Ada 3 hal penting yang membuat Anda wajib membaca Anako, yakni;

1. Mengenal jenis, bahaya dan terdampak narkoba

Seperti yang sudah ditulis di atas, banyak orang belum mengenal secara lebih lengkap tentang jenis-jenis narkoba dan juga nama-nama dalam medisnya. Mengapa penting untuk mengetahui ini? Karena dengan tahu seperti apa saja jenis narkoba hingga memahami nama medisnya, bisa membantu kita atau lingkungan kita bahkan anak kita terhindar dari ganasnya narkoba.

Narkoba menjadi bahaya karena ketidaktahuan maupun kesengajaan penyalahgunaan, oleh karenanya sudah saatnya para orang tua sadar dan menjadikan hal-hal tentang narkoba ini sebagai sesuatu yang penting untuk di bahas. Jangan sampai kita baru bersedia mendiskusikan, membicarakan bahkan mencari solusi di saat anak atau orang tercinta kita terhanyut di dalam gelapnya dunia ketagihan akan narkoba.

Sehingga kita bisa pula memiliki cara yang tepat untuk menghadapi kondisi yang serba tidak menentu saat anak kita terdampak narkoba, tidak menjadi orang yang paranoid saat menghadapi terdampak narkoba bahkan bisa menjadi pemberi solusi manakala menemukan orang yang terdampak narkoba.

2. Bahu membahu memerangi narkoba dengan sadar lingkungan

Anako akan mengajak kepada semua orang untuk memulai gerakan sadar lingkungan. Dengan mengenal lingkungannya masing-masing, diharapkan peredaran narkoba bisa terbatasi atau bahkan bisa tereliminir. Memperkenalkan anak-anak kita dengan tetangga dan berinteraksi sedikit banyak akan membuat anak-anak kita sadar bahwa hidup mereka tidak bisa sepenuhnya bebas, ada aturan tak tertulis tentang moral yang harus dijaga terutama terkait kehidupan bertetangga. Maka akan muncul kesadaran untuk sungkan berbuat seenak dirinya sendiri dalam lingkungan.

3. Bergandengan tangan membantu pecandu dalam penyembuhan

Ada beberapa kali saya menemukan kondisi yang justru tidak kondusif bagi terdampak narkoba, ini menjadikan terdampak narkoba (pecandu) semakin sulit untuk melepaskan diri dari jeratan narkoba. Sering kita temukan seorang anak yang menjadi narkoba terus menerus ditutup-tutupi kondisinya oleh ibu atau ayahnya, dengan alasan kasih sayang. Atau seorang pecandu yang terus menerus mencuri dan menjual barang-barang keluarganya yang akhirnya menjadikannya dimusuhi oleh saudaranya sendiri.

Ini tidak baik, permasalahan narkoba ini dibutuhkan uluran banyak tangan untuk membangun situasi yang kondusif, tenang dan menjalankan program penyembuhan secara utuh teratur. Anako mengajak semua orang untuk bergandengan tangan membantu pecandu dalam penyembuhannya. Lingkungan sekitar akan sangat membantu pecandu, selain dari dalam diri pecandu itu sendiri. Dengan bergandengan tangan, segala hal menjadi lebih ringan dan pecandu akan merasa ada banyak orang yang peduli dengan dirinya. Dan perasaan ini akan membuatnya lebih kuat dalam menjalani penderitaannya kala menuju penyembuhan.

—||—

Untuk itulah Anako lahir, untuk itulah Anako akan beredar ditengah masyarakat luas. Kepedulian kami tercipta karena cinta dan kasih sayang terhadap sesama manusia. Dalam perkembangan nantinya, Aplikasi Anako akan memberikan akses kontrol dan monitor terhadap pecandu secara intensif bekerja sama dengan berbagai pihak melalui penggunaan teknologi informasi.

Kunjungi situs http://anako.id.

Salam kreatif

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.