Kika Syafii

Terus Merasa Bodoh dan Menolak Tua

Apa itu Strategi Digital?

Dulu, kita terbiasa berjalan sore hari menuju toko kaset untuk mendengarkan kemudian membeli lagu-lagu keren musisi pujaan. Perlahan, pita kaset yang menjadi penyalur suara musik itu berubah menjadi digital compact disc, seiring dengan bermunculannya teknologi player (penyetel) untuk musik-musik tersebut. Tak lama kemudian, dengan teknologi yang lebih baru lagi, muncul player (penyetel) yang bisa digunakan melalui saluran internet hingga kemudian masuk ke dalam handphone dan terus menuju smartphone.

Salah satu contoh fokus pembentukan revenue stream yang sukses di dalam dunia digital dan berhubungan dengan musik adalah Itunes, mereka berhasil meraup keuntungan besar dengan digital strategi yang dilakukan.

Strategi digital adalah proses penentuan visi, tujuan, peluang dan inisiatif sebuah organisasi baik bisnis maupun nirlaba untuk memaksimalkan manfaat dari prospek dunia digital. Perubahan-perubahan strategi, dari strategi offline menjadi strategi online atau lebih luas lagi adalah digital, sangat dipengaruhi perubahan fokus pada perusahaan atau organisasi itu sendiri.

Seperti perubahan pada industri musik diatas, terjadi perubahan-perubahan fokus dalam skema pengiriman hingga materi musik (produk akhir) dan juga publikasi dan pemasarannya, yang perlahan namun pasti menggunakan hampir semua tools digital. Dan banyak lagi contoh digital strategi yang sukses menggunakan teknologi digital dengan fokus pada penyesuaian perubahan itu sendiri.

Iklan/publikasi dan pemasaran sebuah perusahaan telah banyak yang berubah/merubah bentuknya ke dalam teknologi digital untuk meraih pelanggan, memuaskan pelanggan hingga terjadinya transaksi secara elektrik. Ditambah dengan fakta bahwa dunia digital masih merupakan hal yang jauh lebih murah dibanding dengan dunia non-digital (konvensional) yang sudah berjalan.

Apa itu Strategi Digital? Banyak cara atau pendekatan untuk melakukan strategi digital, tetapi pada intinya, semua melalui empat langkah:
1. Mengidentifikasi peluang dan atau tantangan dalam berbisnis dimana aset online dapat memberikan sebuah solusi.
2. Mengidentifikasi kebutuhan yang tak terpenuhi dan menyesuaikan tujuan terdekat dari pelanggan kemudian menyelaraskan peluang bisnis.
3. Mengembangkan visi tentang bagaimana aset online bisa memenuhi bisnis mereka dan kebutuhan pelanggan, tujuan, serta peluang dan tantangan.
4. Memprioritaskan serangkaian inisiatif online (publikasi ataupun optimasi mesin pencari) yang dapat menyampaikan visi ini. Dalam setiap tahap tersebut, sejumlah teknik dan analisis dapat digunakan.

Perkembangan teknologi digital serta penggunaannya (dimana hampir 1 orang 2 smartphone) tentu sangat disayangkan bila tidak dimanfaatkan dengan baik, meski tidak bisa dipungkiri bahwa cara konvensional atau pun kondisi offline tidak bisa dipisahkan.

Social media, web commerce (toko online), web profil perusahaan yang merupakan produk teknologi pun bisa jadi (suatu) saat tergerus oleh perubahan teknologi lainnya yang lebih maju (lihat artikel Masa Depan adalah Mobile). Penyesuaian atau perubahaan fokus dalam melihat celah/prospek bisnis ke masa depan, pun menjadi kebutuhan.

Sebagai perusahaan, sudah saatnya Anda menemukan konsultan marketing dan digital strategi untuk meraih keuntungan yang lebih besar lagi.

Salam kreatif

1 Discussion on “Apa itu Strategi Digital?”

Leave A Comment

Your email address will not be published.