Beberapa Cara agar Tetap Kreatif

Cara agar Tetap Kreatif

Kreatif dan Kreatifitas. Banyak pertanyaan tentang cara agar tetap kreatif dan menjaga kreatifitas. Tidak banyak untuk bisa menemukan jawaban tentang menjadi kreatif, meski pada dasarnya menjadi kreatif adalah penciptaan sebuah habit. Dimana habit pemikiran dan perilaku dalam memandang segala sesuatu dari sisi penciptaannya. 

Sedikit ingin berbagi pengalaman bagaimana terus menjaga kreatifitas dalam dunia bisnis yang semakin padat dengan kreatifitas pesaing-pesaing. Apalagi bagi pelaku desain bisnis dan strategi digital yang benar-benar membutuhkan kreatifitas terus menerus. Beberapa Cara agar Tetap Kreatif;

– Selalu mencoba hal baru

Ya. Untuk pelaku bisnis dewasa ini, sebagian besar produk dan ide sudah banyak “ditemukan” atau sudah dimiliki oleh banyak pebisnis. Mari kita lihat, hampir semua produk sudah muncul di dunia bisnis. Bahkan untuk sebuah ide, rasanya sudah tidak mungkin lagi ditemukan yang “original”.

Namun disinilah kesempatannya. Bila kita selalu berusaha untuk mencoba hal baru dari apa yang sedang atau sudah dilakukan, biasanya akan menemukan hal atau ide baru. Meski itu biasanya merupakan ide tiruan atau varian dari ide yang sudah ada. Semakin sering mencoba melakukan hal baru, semakin dekat dengan temuan baru, dan kreatifitas akan terus terjaga.

– Tidak membatasi diri

Cara agar tetap kreatif, salah satunya adalah berhenti bersikap konyol, dengan membatasi kemampuan diri sendiri. Padahal mencoba saja belum. Yuk, berhenti membatasi diri. Kemampuan terbesar akan muncul di dalam diri yang tidak membatasinya. Lakukan eksplorasi terus menerus.

– Tetap membuka pikiran

Di atas langit ada langit. Ya, di atas semua kepandaian akan selalu muncul kepandaian lain. Begitu juga dengan kehebatan sebuah produk atau ide. Suatu saat akan muncul produk lain yang hebat melebihi apa yang kita miliki. Oleh karenanya tetaplah terbuka, kemampuan diri menerima kehadiran produk hebat juga akan membuka batasan kemampuan diri.

Begitu juga dengan menerima masukan dari partner atau pun teman. Dengan tetap membuka pikiran dan menerima saran dari banyak orang, kita akan semakin mudah menemukan hal baru.

– Lihat sekeliling

Jangan berhenti hanya dengan diri sendiri atau kepuasan diri sendiri. Tidak ada produk yang sempurna, namun selalu ada waktu untuk menyempurnakan produk tersebut. Lihat sekeliling kita, apa yang bisa dipetik, kita olah dan hasilkan. Dengan begitu kreatifitas bisa tetap terjaga.

– Berusahalah selalu beda

Bila ada 10 orang dan semuanya mengatakan hal yang sama, maka hanya ada satu kepala yang berpikir. Teruslah berusaha untuk berpikir beda, menjadi diri sendiri untuk selalu berani mengutarakan pikiran meski itu berbeda dengan lainnya. Dengan cara berpikir berbeda dengan yang lain, mudah bagi kita tetap memiliki kerangka desain untuk menjaga kreatifitas yang dimiliki.

– Selalu merasa senang seperti anak kecil bermain

Ini satu hal penting dalam menjaga kreatifitas. Dengan selalu merasa senang seperti anak kecil bermain, kita akan bisa mudah memunculkan rasa senang (passion) dan akan selalu memiliki rasa senang dalam berkreatifitas di dunia bisnis ini. Hidup ini kesenangan, begitu juga dengan bisnis.

–|

Masih banyak cara agar tetap kreatif, terus berusaha dan menjadi diri sendiri. Orang yang kreatif akan terus hidup dan bisa hidup. Kreatifitas adalah kunci utama bertahan dari persaingan bisnis yang semakin padat.

Salam kreatif.

[xyz-ihs snippet=”1″]

3 thoughts on “Beberapa Cara agar Tetap Kreatif”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *