Beberapa Hal Sebelum Menjadi Entrepreneur

Beberapa Hal Sebelum Menjadi Entrepreneur

Menjadi Entrepreneur atau seorang pengusaha adalah lebih dari sekedar memiliki ide yang brilian. Sangat diperlukan untuk berlatih dan meningkatkan diri jadi kreatif, menjadi lebih berguna dan memiliki komunikasi yang baik. Setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing. Beberapa orang lebih cenderung berpikir ke arah manajemen dari kewirausahaan, beberapa orang lebih mengedepankan kreatifitas dan sebagian lagi berawalkan kemampuan komunikasi. 

Mungkin Anda / Kita dapat melakukan semua itu atau hanya satu, tanyakan kepada diri sendiri dengan pertanyaan berikut;

Bagaimana agar bisa lebih kreatif?

Kreatifitas adalah sebuah elemen penting bagi entrepreneur / pengusaha. Sebuah kemampuan intuitif untuk menanggapi perubahan serta tantangan yang pasti akan dihadapi oleh semua orang yang sedang (berusaha) membuat dan menjalankan sebuah perusahaan.

Mengevaluasi, menganalisa dan memilih yang terbaik dari berbagai ide (berpikir konvergen) memiliki ide-ide baru, beragam dan kompleks (berpikir divergen). Setiap orang bisa menjadi kreatif. Jika Anda merasa tidak yakin akan kemampuan kreatif Anda, berikut adalah beberapa ide untuk membantu menyempurnakannya.

Ada dua jenis pemikiran kreatif yang bisa digunakan:

1. Mengadopsi Ide

Lakukan pencarian dan riset tentang bentuk model-bisnis yang ada, baik melalui internet maupun kehidupan keseharian. Temukan yang sesuai menurut diri sendiri kemudian lakukan modifikasi. Penyesuaian bisa dilakukan berdasarkan kemampuan ekonomi, ketersediaan waktu, skill dan keadaan sekitar.

2. Membuat Tantangan Baru

Tentukan sendiri tujuan dari mulai ide bisnis hingga pasar yang akan dimasuki. Hal ini pun membutuhkan penyesuaian terhadap diri sendiri berdasarkan kemampuan ekonomi, ketersediaan waktu, skill dan keadaan sekitar.

Temukan cara untuk bisa membantu diri sendiri dapat berpikir jernih agar bisa memecahkan masalah yang akan terus timbul. Seperti menggunakan konsep pemetaan atau mungkin dengan bergabung bersama komunitas, membuat visualisasi dan banyak lagi.

Buka panca indera dengan berbagai hal yang baru. Buatlah jurnal. Menulis didalamnya setiap pagi ketika bangun selama sekitar sepuluh menit kemudian tuliskan ide-ide, masalah dan pikiran.

Bagaimana saya bisa lebih berguna?

Menjadi entrepreneur maka sama dengan menjadi lebih berguna, karena apapun yang dilakukan tidak serta merta untuk diri sendiri melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Ketrampilan dan pengetahuan yang terus berkembang akan membantu mendapatkan solusi dari tiap tantangan yang terjadi di masa depan.

Beberapa cara untuk melakukan hal ini bisa dengan, bekerja dalam sebuah tim dengan saling memanfaatkan ketrampilan, pengetahuan dan kemampuan. Anda juga bisa bergabung dengan forum pengusaha dan kelompok diskusi. Temukan juga buku-buku yang bisa mendukung untuk kebutuhan ini.

Bagaimana saya bisa memiliki kemampuan komunikasi yang baik?

Jika Anda memiliki kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, ini tidak berarti ide-ide Anda yang tidak baik, atau Anda tidak dapat memulai bisnis Anda sendiri. Tapi itu mungkin berarti Anda perlu mencari strategi untuk membantu Anda merasa nyaman dan efektif bila Anda berinteraksi dengan orang lain .

Komunikasi yang baik merupakan bagian penting dari bisnis yang sukses. Jika Anda ingin menyewa seorang karyawan, kemampuan komunikasi yang baik akan membantu Anda memilih orang yang tepat dan pastikan mereka tahu apa pekerjaannya. Komunikasi yang baik, itu sama artinya dengan memiliki strategi yang baik bagi usaha.

Maka, pergi dan temui orang-orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pelajari mereka. Atau mungkin bisa dengan masuk ke dalam kursus / sekolah yang memang khusus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi.

–||

Beberapa hal di atas bisa berguna bagi Anda yang ingin menjadi Entrepreneur, sesuai dengan pengalaman saya. Semoga bermanfaat.

Salam Sukses.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.