Kika Syafii

Terus Merasa Bodoh dan Menolak Tua

Menggapai Sukses Bisnis dengan 7 Cara Berpikir Pegolf

Menggapai Sukses Bisnis dengan 7 Cara Berpikir Pegolf

1. Pemain Golf selalu berlatih dengan cara yang benar

Hidup ini singkat. Sangat salah apabila ada orang yang menginvestasikan waktunya ratusan jam hanya untuk mencoba memperbaiki suatu kesalahan. Lebih baik pergunakan waktu untuk memperbaiki cara yang sudah benar dan mengembangkannya. Agar bisa menguasai permainan dengan lebih baik. Pegolf tidak akan membiarkan waktu terbuang dengan berlatih sendirian terus menerus tanpa pembimbing atau guru. Bahwa bisnis pun membutuhkan latihan serta pembimbing ini sangat betul. Apakah berarti belajar sendiri itu tidak bisa? Bisa. Namun waktu tempuh akan semakin lama dan panjang. Setiap hal dalam bisnis membutuhkan penanganan yang berbeda dan penting untuk bisa menguasainya, seperti juga pemain golf profesional yang mampu menyesuaikan diri dengan lapangan yang berbeda-beda.

2. Mereka selalu berpikir saat ini

Berpikir saat ini, artinya tidak terganggu dengan apa yang sudah terjadi maupun terpikir apa yang akan terjadi di masa depan. Seorang pemain golf tidak akan memikirkan apa yang dilakukan oleh mitranya, atau takut permainannya dianggap jelek oleh mitra.

Begitu juga dengan bisnis. Lakukan yang sekarang, hindari Procastination atau penundaan atas semua hal yang seharusnya dikerjakan. Apa yang sudah terjadi biarkan terjadi, dan apa yang akan terjadi tidak perlu dipikirkan. Lakukan fokus apa yang harus diselesaikan saat ini, bukan besok.

3. Terus memperbaiki hal-hal fundamental

Pemain golf yang bagus, mengerti betapa pentingnya hal-hal fundamental, seperti dasar swing dan posisi berdiri yang baik. Menerapkan dasar yang fundamental dapat mempermudah menjalankan banyak hal dikemudian waktu. Dalam bisnis, hal yang sangat fundamental adalah aliran keuangan (cash flow) dan dari mana pendapatan tetapnya (sustainable income). Sehingga kemudian setelah dasar yang kokoh terbentuk, pengembangan pasar maupun inovasi produk selanjutnya akan lebih mudah. Segala sesuatu menjadi lebih selaras untuk mencapai sasaran, tujuan dan masa depan bisnis.

4. Belajar dengan visual dan penyesuaian

Mempelajari bisnis dengan memvisualisasikan apa yang akan dilakukan dari mulai tujuan hingga sasaran pasar sebuah produk, lebih memudahkan bagaimana menggapai fokus serta menerapkan afirmasi atas apa yang ada dalam pikiran. Seperti pegolf yang belajar mengayun tidak hanya dengan mesin, namun juga dengan menerapkan visualisasi atas struktur tubuh hingga afirmasi ayunan sampai dengan penyesuaian bentuk tubuh dengan kondisi lapangan. Dengan pelajaran ini, menargetkan sesuatu menjadi lebih terlihat dibandingkan hanya mengira-ngira dan ini bisa menciptakan masa depan yang lebih baik.

5. Rutin dan terus berulang

Para pemain golf yang hebat, selalu memiliki rutinitas yang sama sebelum melakukan ayunan dan menembakkan bola ke sasaran. Bahkan waktu yang dibutuhkan dalam berlatih kecil sebelum melakukan ayunannya memiliki waktu yang sama di setiap hole-nya. Apa ini artinya? Artinya bahwa perlu kebiasaan yang dibangun agar semakin menguasai bisnis dengan segala seluk beluknya. Selalu mempersiapkan diri dengan latihan (persiapan) yang rutin dan terus berulang untuk menghadapi apa saja yang terjadi nantinya. Ini akan membentuk kebiasaan yang bagus, pikiran – fisik akan terbangun dengan sendirinya dan bisnis semakin maju.

6. Selalu tenang dalam kondisi apapun

Don’t crack under pressure, jargon yang dimiliki oleh Tag Heuer ini mungkin sangat mewakili orang-orang dengan determinasi tinggi. Jangan pernah mencoba memecahkan tekanan. Tetap tenang dalam kondisi seburuk apapun, sikap ini akan semakin meninggikan posisi dan kutub positif dalam pengembangan pribadi untuk masa depan. Selalu tidak mudah, karena tekanan bisa memecahkan diri kita namun kita tidak akan pernah bisa memecahkan tekanan, kecuali mendiamkan atau menertawakannya. Ada banyak cara untuk melewati tekanan yang terjadi, tetap tenang dan lakukan apa saja seperti biasa agar semuanya lewat mungkin solusi terbaik saat Anda tidak mengerti apalagi yang harus dilakukan untuk mengurangi tekanan.

7. Mampu menerima apa yang terjadi dan terus bergerak (move on)

Apapun hasil yang muncul, ketika bola yang dipukul tidak meluncur ke sasaran sesuai harapan, pegolf akan tetap berpikir positif dan mencoba lagi yang terbaik. Begitu juga untuk menggapai sukses dalam berbisnis, penting untuk terus berpikir positif dan terus mencoba yang terbaik. Terus bergerak menghadapi apa yang terjadi, apapun emosi yang muncul, biar saja menghiasi pikiran namun tetap harus diredam dan berjalanlah ke depan, apabila perlu melompatlah. Ada banyak waktu untuk mencoba hal lain, namun fokus menjalani apa yang sudah dilakukan merupakan hal yang lebih penting.

Bisnis itu sebuah cara dan Sukses itu hasil kebiasaan.

Salam Kreatif.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

3 Discussions on
“Menggapai Sukses Bisnis dengan 7 Cara Berpikir Pegolf”

Leave A Comment

Your email address will not be published.