Belajar dari Warnet berubah jadi jagoan Internet

Belajar dari Warnet berubah jadi jagoan Internet

Minggu ini, saya berkesempatan ngobrol dan diskusi dengan seorang entrepreneur muda dibidang internet. Pemuda yang berdomisili di Jogjakarta ini sebenarnya sudah lama saya kenal, namun baru belakangan ini intensitas komunikasi lumayan meningkat.

Dion Aji Pradipta, biasa dipanggil Dion. Sempat malu-malu saat saya bertanya tentang hasil secara uang dari kegiatannya berinternet ria. Meskipun pada akhirnya tetap tidak berhasil mengorek keterangan lebih jauh tentang pendapatannya dari internet. Karena jawabannya hanya tertawa.

“Sejak SMP saya sudah mengenal internet melalui Warnet. Di Internet kita bisa menjadi tahu banyak hal dan masih banyak lagi hal yang bisa di eksplor.” Kata Dion mengawali obrolan kami.

Dion menceritakan awal mula susah senangnya mengenali internet, dari mulai belajar ngeblog hingga mempelajari pemrograman (coding) terhadap bahasa program tertentu. Dari kebiasaannya ngeblog, Dion jadi bisa merasakan mendapatkan dollar masuk ke rekeningnya, dan hampir setiap bulan sejak itu dollar tak pernah luput masuk ke rekeningnya terus menerus. Menarik bukan?

Dengan mengembangkan konten lokal baik itu terkait berita Indonesia maupun beberapa artikel pribadi, Dion berhasil menambah banyaknya blog sebagai tempatnya bekerja. Hampir setiap harinya, dia berkutat dengan blog dan web yang menjadi sumber pendapatannya.

Melalui kepandaian dan kemampuannya menggunakan bahasa pemrograman, Dion juga membangun sebuah usaha dibidang penyewaan hosting dan domain. Perkembangan besar bisnis penyewaan hosting dan domain ini tak luput dari kegigihannya, selain juga menerima pembuatan jasa web untuk yang membutuhkannya.

“Saya juga membangun beberapa situs startup agar bisa memiliki pendapatan yang lebih di masa depan,” timpal Dion yang mengaku sebagai penggemar berat platform wordpress ini. Anak muda ini sangat paham arti sukses, bahwa sukses adalah sesuatu yang tidak bisa dicapai dengan singkat. Bahkan jatuhnya sebuah usaha merupakan tangga kesuksesan.

Dion juga mengatakan bahwa menggunakan media internet bisa menanggulangi sisi permodalan yang besar dalam membangun bisnis. Terutama masalah sewa tempat. Dengan Internet, sewa tempat bisa digantikan dengan menggunakan situs web. Begitu juga untuk urusan pemasaran. Dengan internet, pemasaran bisa jauh dan sanggup menjangkau kostumer yang berada dimana-mana.

Namun Dion juga memperingatkan bahwa persaingan bisnis di Internet bisa lebih kejam dibandingkan bisnis konvensional. Karena citra buruk di internet bisa dengan lebih cepat menyebar kemana-mana, maka nama baik memang tetap dibutuhkan. Ini artinya, segala hal yang berlaku di Internet sama dengan dengan yang ada di dunia nyata.

Baca juga:

  1. Inspirasi anak muda meraih dolar dengan internet marketing
  2. Pasar Teknologi di masa depan

Belajar dari warnet hingga akhirnya menjadi jago di internet, itulah Dion Aji Pradipta. Anak muda ini patut menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya agar tidak mudah putus asa dengan keadaan. Ada ribuan bahkan mungkin jutaan jalan yang bisa dimulai melalui internet. Silahkan cicipi layanan Dion di www.joglo-itcenter.com

Bagaimana menurut Anda?

2 comments found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.