Belajar Fokus

3 Cara Belajar Fokus Di Antara Kegiatan yang Banyak

Belajar Fokus. Setiap orang hampir bisa dipastikan memiliki kesibukannya di antara kegiatannya masing-masing yang sudah tentu banyak. Kegiatan yang bisa berupa berkomunitas bisnis hingga berkegiatan sosial. Belum lagi berhadapan dengan sibuknya kegiatan kantor.

Bagaimana mengatasi hal itu? Berikut ini langkah-langkah agar terbiasa dengan kesibukan yang begitu banyak sementara waktu hanya 24 jam sehari.

1. Membuat Catatan Belajar Fokus

Jangan pernah percaya sama pikiran diri sendiri bahwa kita yakin bisa mengingat semua hal yang akan dilakukan. Pikiran akan selalu menambahi atau mengurangi banyak hal dalam memori ingatan kita. Dari hal yang sebenarnya satu, bisa menjadi tiga bahkan lima. Bahkan pikiran kita mampu memanipulasi apa yang sebelumnya terjadi dan akan terjadi. Contohnya; kita merasa sudah melakukan sesuatu terhadap pekerjaan padahal belum sama sekali.

Buatlah catatan secara lengkap apa saja yang akan kita lakukan dengan semua kegiatan-kegiatan tersebut. Dengan membuat catatan, konsentrasi untuk belajar fokus bisa lebih mudah. Kita akan bisa melihat catatan kembali saat tiba-tiba lupa akan melakukan apa. Dengan catatan ini pula, akan lebih memudahkan kita dalam menjalankan semua kegiatan sesuai jalur.

2. Lakukan Satu Per Satu

Lakukan setiap kegiatan satu per satu dengan membuat jadwal yang teratur, hindari mengerjakannya dalam waktu yang sama. Perlu kedisiplinan untuk bisa melakukan hal ini, karena seringkali kita meremehkan banyak hal dengan menempatkan semua kegiatan dalam waktu yang berdekatan bahkan tidak jarang waktu yang sama. Misalnya menyelesaikan pekerjaan kirim-kirim email untuk dua hal yang berbeda dikerjakan dalam waktu yang sama, biasanya akan ada kesalahan pengiriman.

3. Libatkan Orang Lain

Kegiatan yang banyak sudah tentu akan sangat menyita waktu, sementara kita memiliki keterbatasan. Tangan dan kaki kita hanya dua, dan kepala kita hanya satu. Itu menunjukkan bahwa untuk membantu diri kita menjadi lebih fokus, butuh bantuan orang lain. Apakah itu istri, saudara, karyawan atau pun teman. Dengan melibatkan orang lain, apa yang menjadi pekerjaan kita akan lebih fokus karena pekerjaan lain bisa dibagikan kepada orang lain.

–||–

Semakin besar berkembang bisnis atau semakin besar kegiatan sosial, maka akan semakin banyak menyita waktu, pikiran dan tenaga. Oleh karena itu, penting untuk belajar fokus bagi pelakunya untuk sanggup menentukan hal-hal yang memang penting untuk dikerjakan sendiri dan sisanya bisa dibagikan kepada orang lain.

Salam kreatif

1 thought on “3 Cara Belajar Fokus Di Antara Kegiatan yang Banyak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *