Bermain, Bekerja dan Berlatih

Kegiatan kita pada dasarnya dapat dibagi 3 macam:

1. Play atau bermain;

Ini bertujuan untuk bersenang senang. Memberikan kepuasan kepada kita. Bermain Golf, tour ke Eropa, membaca komik, nonton bioskop, bermain dan bermain. Dengan bermain, kita bisa menyegarkan pikiran dari segala macam kejenuhan, kebosanan dan tekanan.

2. Work atau bekerja;

Bekerja adalah semua tindakan yang bertujuan menyelesaikan sesuatu, menuntaskan sebuah tugas untuk mencapai tujuan kita terhadap sebuah atau beberapa buah hal seperti berjualan atau berdagang yang memiliki tujuan untuk menuntaskan hasil dagangan, atau mungkin menyelesaikan laporan dan seterusnya.

3. Practice atau berlatih;

Sebuah kegiatan yang bertujuan memperbaiki kemampuan kita akan sesuatu. Seperti Berlatih golf supaya lebih ahli, kursus bahasa Inggris, membaca buku untuk memperbaiki sistem perusahaan, ikut seminar dan lain sebagainya.

–|

Nah, sebagian kegiatan bisa saja merupakan gabungan dari bermain dan berlatih, misalnya bermain golf tadi, sambil bersenang-senang juga belajar untuk menjadi lebih baik dalam menguasai permainan tersebut. Bisa saja Bekerja dan Bermain, selain bersenang-senang dengan bermain juga bisa menyelesaikan pekerjaan, misalkan DJ yang happy dalam pekerjaannya atau pemain musik.

Namun hal terbaik adalah bila kita bisa menyatukan ketiganya sekaligus. Bermain dengan semangat untuk bersenang-senang, diiringi dorongan untuk bekerja lebih baik terus menerus dan latihan untuk menjadi lebih ahli serta maju. Menjadikan ketiga poin tersebut dalam satu titik, akan membuat perjalanan bisnis maupun pekerjaan menghasilkan hal-hal yang selalu maju.

Ketika saya bermain golf dari satu lapangan ke lapangan lain, dari situ saya bermain untuk bersenang-senang sekaligus berlatih untuk terus bisa mengenali penguasaan lapangan juga untuk mendapatkan jaringan bisnis yang lebih besar. Ketika seorang penulis menikmati proses menulisnya (play) dan bisa menjual tulisannya (work) dan dengan menulis melatih dirinya menjadi lebih baik (practice), ini akan menjadi ideal dan cantik.

Salam sukses.

1 thought on “Bermain, Bekerja dan Berlatih”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *