Kika Syafii

Terus Merasa Bodoh dan Menolak Tua

Bisnis Meningkat dengan Desain Web Responsif

Akhir tahun 2009 di sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Markplus, disinggung bagaimana membuat “diri” kita menjadi lebih mobile mengikuti perkembangan teknologi untuk tetap ikut terjun terlibat di dalam bisnis, bagi siapapun pelaku bisnis. Menyimak apa yang dipresentasikan waktu itu (saya lupa pembawanya), sangat menarik dan mengesankan topiknya.

“Masa depan adalah Mobile”.

Ya, disitu terpampang penggunaan teknologi dari mulai munculnya website hingga kemudian integrasi penggunaan website yang tidak semata pc browser. Terbukti dengan meningkatnya fasilitas koneksi internet yang disediakan oleh banyak operator seluler di tahun berikutnya. Gejala “mobile” semakin nampak dengan munculnya banyak situs sosial media yang selalu terintegrasi dengan gadget.

Mudahnya fasilitas sosial media seperti facebook, twitter, instagram, linkedin dan lain-lain, pun ramai-ramai dipindahkan ke dalam gadget sehingga hanya dengan “single click” kita bisa tersambung dengan semua teman-teman, klien, penggemar, komunitas dan banyak lagi.

Kita bisa menemui dengan mudah, orang-orang menggunakan tablet dan smartphone untuk menghubungkan kita ke internet. Berinteraksi, sekedar cari teman hingga menjalankan bisnis/usaha. Saya yakin banyak yang sudah memanfaatkan web facebook dan web twitter yang responsif (selain Aplikasi tentunya) untuk mengoptimalkan bisnisnya, bukan? Nah, sekarang saatnya bagi pelaku usaha baik kecil maupun besar untuk memulai semua bisnisnya dengan menggunakan “mobile” agar bisnis meningkat.

Bila Anda memiliki website untuk usaha, entah itu toko online atau situs perusahaan, segeralah beralih ke penggunaan website yang memudahkan dalam satu kali klik di tablet maupun smartphone. (Lihat artikel sebelumnya). Berikut ini sedikit bahasan akan keuntungan dengan pendekatan web yang menggunakan desain web responsif;

1. Maintenance yang Low Cost

Dengan desain responsif Anda hanya perlu memelihara satu situs. Sedangkan perubahan tata letak dan isi tetap sama di seluruh perangkat yang berbeda. Anda dapat sekaligus memperbarui konten atau menambah konten dengan mengunakan semua perangkat.

Contoh; www.kompas.com. Situs ini memiliki konten yang cepat berubah dan update dengan kecepatan tinggi karena tuntutan berita yang harus segera publikasi. Dengan kompas menggunakan desain responsif maka jurnalis dan semua yang bertanggung jawab mengisi konten bisa menggunakan satu smartphone atau tablet saja. Tentu ini menghemat waktu bahkan uang. Fokus pun beralih ke situs web yang tunggal dan menempatkan semua sumber daya untuk optimasi dan pemeliharaan di satu tempat.

2. Brand yang konsisten
Dengan satu situs web yang bekerja pada semua layar baik desktop atau layar ponsel, Anda akan jauh lebih mudah untuk menjaga identitas brand atau merk secara konsisten. Tidak ada lagi panduan gaya yang perlu dikomunikasikan antar beberapa pihak, seperti fungsi atau tampilan yang berbeda untuk versi desktop dan mobile dari situs Anda.

Tampilan dan nuansa dari sebuah situs web responsif akan konsisten di semua ukuran layar. Contoh; www.kagetweb.com, mempertahankan merk yang unik untuk semua perangkat, untuk semua bentuk ukuran layar. Hal ini membuat mudah bagi orang untuk mengenali dimanapun.

3. Penggunaan yang mudah
Desain web responsif sangat user friendly. Tidak hanya memudahkan pengunjung situs bisnis Anda, ini juga akan memudahkan pelanggan situs bisnis Anda untuk melakukan transaksi ketika sedang naik Bus Transjakarta. Sebuah gaya yang konsisten dan konten yang konsisten adalah sangat penting karena pengguna/pengunjung tidak berharap untuk menjadi berbeda hanya karena mereka menggunakan perangkat yang berbeda. Dan desain web responsif yang baik, tentunya lebih ringan dalam masalah loading.

Dengan low cost, brand yang konsisten dan penggunaan yang mudah maka pelanggan/klien bisnis Anda akan lebih mudah menemukan produk Anda. Dan tentu makin memudahkan sehingga kantong kita sebagai pebisnis pun bertambah dimana pun kita berada.

Selamat menunaikan usaha online dengan desain web yang responsif dan selamat menunaikan puasa ramadhan, mohon maaf lahir bathin.

Salam kreatif.

6 Discussions on
“Bisnis Meningkat dengan Desain Web Responsif”

Leave A Comment

Your email address will not be published.