golf_header

Bisnis, Bukan tentang Uang

Suatu hari seorang Audience di sebuah seminar Entrepreneurship bertanya kepada saya; “Mas Kika, bagaimana merubah dunia Anda from nothing turn into something?”

Tahun 2004, saya berpikir bahwa keadaan hidup yang begitu sulit untuk perut saya harus berakhir segera. Tidak mungkin saya bisa membuat diri ini menjadi lebih baik bila untuk memenuhi kebutuhan perut saja saya tidak mampu. Seketika itu terbentuk pikiran bahwa saya harus mencari uang sebanyak mungkin. Apapun yang saya temui, selama itu ada kesempatan untuk dijadikan uang maka saya akan usahakan agar saya bisa mendapatkan uang.

Selama beberapa lama setelahnya, saya hampir selalu berhasil merubah banyak hal menjadi keuntungan untuk mengikis kemiskinan harta dalam keseharian saya. Menjadi desainer dari beberapa pesanan untuk desain, menjadi surveyor untuk titik lokasi periklanan di beberapa daerah jawa timur, menjadi supplier baju batik untuk beberapa toko Batik dan banyak aktifitas lainnya. Pada saat itu, saya merasa bahagia karena perlahan saya berhasil membuat perut saya tidak lagi sering merasa lapar.

Hingga suatu saat, tiba-tiba saya terhentak dengan ucapan teman dekat saya ketika sedang berbincang-bincang dengan seorang teman lain. Dikatakannya bahwa apapun bisa saya jual, hingga sepertinya saya memang menyukai permainan untuk mendapatkan uangnya, tanpa peduli apa yang saya kerjakan. Sekian waktu setelahnya, saya mencoba berkontemplasi dengan diri sendiri. Sebenarnya apa yang saya bisa? Sebenarnya apa keahlian saya? Karena saya menjadi seperti lebih hidup dalam dunia saya sendiri.

Ahli mencari uang ternyata bukan jawaban mutlak untuk merasakan kenikmatan dalam menjalankan sebuah usaha. Kenikmatan adalah ketika kita mampu membesarkan 1 hal sedari kecil hingga menjadi lebih besar. Kenikmatan adalah ketika bermain dengan senang untuk bisa menjadi lebih besar dan berbagi dengan banyak orang didalamnya.

Ini bukan tentang uang, it’s about passion and willing to work. Bekerja keras saja tidaklah cukup, bekerja cerdas adalah solusi. Dan saya berhasil menemukan titik fokus berdasar perjalanan yang perlahan namun pasti saya jalani.

Think Creative and Play!

Berpikir lebih kreatif, berpikir mendesain dalam konteks yang lebih luas dari mulai membentuk hingga menghasilkan. Berkarya terus dan terlibat dalam excitement yang terjadi dalam setiap situasi. Tidak ada hal yang tidak bisa diusahakan.

Uang bukan alasan yang tepat untuk menjadi besar. Kita tidak akan berhasil membuat diri ini menjadi lebih besar bila segala sesuatu hanya berdasarkan kalkulasi keuntungan dan uang. Banyak orang yang beralasan mencari uang agar bisa membantu orang rata-rata lupa dengan tujuannya manakala berhasil mendapatkan uangnya, dengan berbagai alasan pembenarannya.

Libatkan diri kita dalam setiap hal yang kita lakukan, lupakan tentang berapa banyak uang yang akan didapat oleh kita. Pelajari terus bagaimana caranya menciptakan ide, menemukan solusi atas usaha yang deadlock, ciptakan lebih banyak inovasi sebagai area bermain yang menyenangkan dalam usaha kita. Do it – Learn it – Create it – Play it!. Dan entrepreneurs merupakan wakil dari pemikir-pemikir kreatif dan mandiri.

Ini adalah tentang kesenangan. Seperti anak yang bermain dengan senang manakala menemukan mainan baru atau bahkan berhasil membuat sebuah mainan dari barang-barang bekas yang ada disekitarnya. Yang tentunya, tidak selalu kesenangan yang muncul dengan tiba-tiba tetapi juga kesenangan yang memang kita ciptakan.

Sekali lagi, berbisnis itu bukan tentang uang. Ini adalah tentang permainan dalam mengendalikan pikiran dan keinginan. Setiap orang mempunyai zona permainannya didalam pikiran masing-masing. Bila kita bisa merubah dan menemukan caranya, maka permainan (bisnis) ini akan semakin menyenangkan untuk terus menerus dilakukan. Find the HOW TO business. Sekali lagi, bisnis bukan tentang uang semata.

Salam kreatif

3 thoughts on “Bisnis, Bukan tentang Uang”

  1. Kata orang Cina di daerah saya mas..

    1. Buatlah diri anda bisa menghasilkan uang
    2. Pelajari arus kas mengenai usaha yang anda lakukan
    3. Setelah itu, buatlah agar uang yang bekerja untuk anda.

    Sederhana mungkin mas, tapi kalau dilakukan pastinya membutuhkan keseriusan dan kesabaran:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *