Business Model Indonesia

Awal bulan September 2011, atas permintaan seorang teman dekat, saya membentuk sebuah kelas khusus untuk teman-teman pengusaha di sebuah komunitas. Dengan animo yang besar, mulailah saya mencoba menularkan banyak hal tentang bisnis. Dari mulai membentuk segment konsumen hingga menentukan darimana saja pendapatan usaha tersebut.

Materi kelas ini, berisikan Business Model Generation karya Alex Osterwalder. Dengan sederhana, saya mengajak rekan-rekan untuk mempelajari lebih detail bentuk usaha dan produk yang akan dijalani. Sebagai pebisnis, tentu cara untuk berbisnis lebih penting dari sekedar motivasi.

Selama beberapa bulan, kelas menjadi sangat instensif hingga membentuk kesepahaman untuk berbuat lebih jauh bagi pengusaha yang lain. Beberapa teman yang sudah berhasil menjalankan bisnisnya dengan pembelajaran dari Business Model Generation ini, akhirnya sepakat untuk membuat website khusus teori praktikal Business Model.

Maka terbentuklah BusinessModelIndonesia.com, yang diampu oleh beberapa teman. Dengan di endorse oleh Kampoong Design yang khusus menyediakan websitenya dan teman-teman yang menjaganya. Juga, Pak Tanadi Santoso siap berbagi ilmu melalui artikelnya dalam sebuah Kolom di website ini.

Website ini dimaksudkan untuk bisa menjadi Virtual School bagi pengusaha yang ingin berusaha menentukan bisnis model bagi usahanya dan atau mendapatkan how to dalam memulai usahanya. Juga akan menjadi portal serta networking area bagi pengusaha yang menyukai berbagi ilmu. Di website ini user diwajibkan untuk wakaf ilmu, apalagi untuk kemajuan Indonesia di masa datang.

Selamat datang di Klub Pengusaha Muda, mari bersinergi untuk masa depan diri dan Indonesia.

Salam.

2 comments found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.