Cara Cepat Sukses adalah Makin Sering Mencoba

Faktor Kesuksesan

Sebuah riset dilakukan kepada dua kelas mahasiswa: Yang satu kelas dibilang bahwa pada mata kulias puisi ini ditentukan nilainya dengan “satu puisi saja” yang dibuat selama satu semester, bagus tidaknya nilai ditentukan oleh satu puisi itu saja, dan harus dibuat sebaik baiknya. Satu kelas yang lain, diberitahu bahwa nilai ditentukan oleh banyak nya puisi yang dibuat mahasiswa, semakin banyak nilai semakin baik, tidak perduli isinya baik atau tidak, asalkan banyak.

Pada akhir semester, diminta pihak luar membaca dan menilai kwalitas tulisan mahasiswa atas puisi-puisinya dengan mencampur tulisan kedua kelas itu. Ternyata “kualitas” puisi yang baik, kebanyakan ditulis oleh kelas yang dinilai berdasarkan banyaknya puisi yang dibuat.

Ternyata, sebuah sukses sering terjadi karena memang kita sering sekali melakukannya, walau banyak sekali yang gagal tapi akan ada yang sukses dan dalam prosesnya orang menjadi lebih baik dan lebih bisa karena sering dan banyak mencoba. Tom Peters sering mengatakan: “Mereka yang paling sering mencoba (dan kemudian gagalpun), akan sukses. Siapa yang melakukan terbanyak yang akan menang.”

Menjadi entrepreneur sukses karena sering mencoba menjalakan bisnis baru dan sering gagal. Menjadi penulis sukes karena sering melakukan dan gagal sehingga akhirnya mampu menulis yang baik dan disukai orang. Menjadi pembicara sukses karena sering melakukan bicara didepan umum, dan mungkin saja kebanyakan adalah hal-hal yang tidak bagus dan tidak disukai orang.

Hidup ini adalah sebuah pembelajaran yang berkelanjutan, kita bisa karena kita lebih sering melakukannya daripada orang lain. Gagal adalah sebuah tanda untuk kita melakukan lagi dengan cara lain, dengan lebih baik, dengan lebih benar. Mari kita lakukan lagi supaya menjadi sukses. Karena siapa yang melakukan paling seringlah yang akan menang. Cara cepat sukses adalah makin sering mencoba.

Tanadi Santoso, 14 Oktober 2013.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *