Wirausaha

Cara Programmer Freelance Punya Startup Tanpa Modal

Startup digital terus berkembang dengan berbagai ide dan evolusi idenya. Salah satu yang diprediksi tahun depan akan makin banyak bermunculan adalah meng-online-kan produk-produk offline atau biasa disebut mendigitalkan. Prosesi ini sebenarnya lebih banyak pada mengadaptasi perilaku yang ada di pasar nyata dan merubahnya menjadi perilaku maya.

Dengan makin berkembangnya produk-produk atau startup seperti ini, maka menjadi celah besar bagi Programmer untuk memulai sebuah usahanya sendiri. Tanpa harus memikirkan ide hingga biaya pemasarannya. Bagaimana pun startup digital akan sangat berhubungan dengan programmer dari mulai Aplikasi web hingga Aplikasi mobile-nya.

Sebuah keuntungan besar bagi Programmer untuk terus maju menjalankan usaha tanpa harus berjibaku dengan Ide, business model hingga pemasarannya. Meskipun tetap harus mengerti garis besar startup digital yang akan dibangun tersebut.

Beberapa hari yang lalu, saya bertemu dengan beberapa programmer muda yang sangat pandai dalam membangun Aplikasi namun sama sekali tidak terpikir untuk membangun startup bagi dirinya sendiri. Mereka hanya berpikir bagaimana menghasilkan uang dari jualan jasa kepandaian membangun website yang mereka miliki.

Setelah beberapa kali berdiskusi tentang sebuah startup, akhirnya saya tawarkan kepada mereka untuk ikut memiliki saham dari Aplikasi yang sebelumnya memang sudah mereka kerjakan secara freelance, gantinya mereka memiliki saham kepemilikan terhadap startup tersebut dan biaya jasa mereka sebelumnya dipindahkan menjadi biaya publikasi ketika startup digital yang dibangun sudah selesai. Tentunya setelah ini, maka semua tanggung jawab dipikul bersama-sama.

Nah, itu adalah sedikit contoh untuk mendorong anak-anak muda programmer memiliki pemikiran maju dengan memulai sebuah usahanya sendiri. Dengan begini, programmer bisa memiliki startup sendiri tanpa harus memikirkan business model, ide hingga pemasaran dan publikasi.

Ketika ada klien yang memesan pembuatan aplikasi website secara freelance, mintalah konsep hingga business model yang detail. Kemudian pelajari dan dapatkan insight perkiraan dari startup yang dibangun tersebut, hitung kalkulasinya dengan sebaik mungkin kemudian lakukan negosiasi. Bila memang aplikasi startup tersebut terlihat bagus dan menguntungkan, tawarkan development secara gratis dan mintalah bagi saham yang jelas.

Namun ini juga harus dibarengi dengan tanggung jawab, karena biasanya yang bisa melakukan ini adalah programmer freelance yang kebanyakan juga bekerja di perusahaan-perusahaan. Dengan posisinya yang masih bertanggung jawab dengan perusahaan tempatnya bekerja aslinya, maka tanggung jawab untuk membangun startup digital yang berkolaborasi dengan orang lain ini harus juga bagus dan tidak asal-asalan, karena tanggung jawab pun tidak lagi sebatas dibayar selesai. Dengan begini, Anda sudah memiliki startup tanpa modal dan ini juga bisa berlaku bagi umum.

Salam Kreatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *