Cara Sukses Itu Tidak Ada Di Dunia

“Pak, apakah ada cara sukses agar saya bisa sukses?”

Pada dasarnya tidak ada cara sukses yang tepat bagi setiap orang. Karena “Pilihan” adalah kuncinya. Bagaimana kita menentukan pilihan atas semua tindakan kita. 12 hal ini adalah hal yang saya lakukan, dan saya yakini dapat membantu menuju sukses.

3 untuk waktu, bagaimana kita memanfaatkan 24×7 kita.

  1. Prioritas, memilih menyelesaikan hal yang terpenting dulu, tetap fokus pada pokok kunci permasalahan. Mendelegasikan atau melupakan yang tidak penting.
  2. Menciptakan kebiasaan yang menguntungkan dalam waktu luang; membaca buku saat di bandara dan hotel, menelpon klien saat di taxi, bbm pada klien akan produk terbaru saat menunggu dokter.
  3. Mengurangi hal-hal yang tidak “sesuai dengan mimpi”, mengurangi ngobrol ringan, tidak membaca koran kalau memang tidak ada manfaatnya, tidak nonton sinetron, dan jangan terlalu mudah menerima tamu tidak “berguna” yang menghabiskan waktu.

3 waktu untuk kerja.

  1. Jadilah ahli di satu bidang, yang relevan dengan pekerjaan anda, menjadi lebih hebat dari orang lain, lebih ahli dari siapapun. Dan kabarkan ke semua orang bahwa anda ahli dalam hal itu.
  2. Selalu mencari peluang pada setiap kesempatan. Dalam perjalanan kehidupan, kita fokus pada pekerjaan tapi juga harus cukup jernih mengawasi sekeliling kita untuk mencari peluang baru.
  3. Kerja keras, kerja cerdas. Carilah pintasan paling mudah dengan hasil maksimal. Getting More by Doing Less, focus pada 80/20. Pilih tindakan yang paling “tepat guna” dalam sebuah pekerjaan. Pelajari dari orang lain, bertanya, berpikir, ambil tindakan paling efektif, yang “Low Cost High Impact.”

3 untuk hubungan sosial.

  1. Miliki sebuah “social capital”, harta untuk ber network dengan orang lain, entah berupa sebuah keahlian tertentu atau pengetahuan yang diinginkan orang lain. Belajarlah dan investasikan waktu anda untuk sebuah “network currency” yang diinginkan network anda.
  2. Selalu menghargai orang lain seolah-olah mereka lebih penting dari kita, dan dengan tulus dan jujur memuji dan bersahabat dengan mereka.
  3. Selalu menanyakan dalam diri sendiri, apa yang dapat saya pelajari dari mereka, apa yang dapat kita kerjakan bersama, bagaimana kita dapat saling menunjang untuk maju bersama.

3 untuk kehidupan.

  1. Bekerja sebaik kita bisa. Push to the limit, paksakan untuk maksimal, baik secara kwalitas ataupun kwantitas. Untuk hal tertentu kita harus melakukan yang maksimal, tanpa kompromi. Untuk hal lain, dapat kita asal-asalan saja, pilihan adalah kunci.
  2. Carilah keberuntungan. Find your luck. Setiap peluang, setiap persahabatan, setiap perjalanan, memiliki “misteri rejeki” masing masing, yang akan membawa kita pada sukses dan kebahagiaan.
  3. Teruslah berbagi, kepada siapapun dan dimanapun. Serta tetaplah percaya terhadap kemampuan diri sendiri dan terus tingkatkan kemampuan. Bermainlah layaknya anak-anak namun tidak kekanak-kanakkan.

Pada akhirnya, tidak ada rahasia cara sukses. Cara Sukses lebih mengacu pada Pola Pikir Sukses. Dan Pola Pikir Sukses adalah sebuah hasil atas pilihan tindakan-tindakan kita pada perjalanan kehidupan, yang telah memberikan nilai lebih pada “pelanggan” kita, kepada semua orang di sekeliling kita.

Salam kreatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *