menerima kegagalan

Cara untuk Menerima Kegagalan dan Move On

Saya, memulai usaha sejak tahun 2000. Beberapa usaha sudah pernah saya jalani hingga sekarang berikut kegagalannya. Begitu juga, saya yakin teman-teman yang sudah menjalankan usahanya pernah merasakan kegagalan. Apakah kegagalan itu penting atau justru prahara bagi setiap pelaku usaha?

Kegagalan justru sebuah pintu masuk ke dalam perjalanan yang lebih baik. Dengan kegagalan, banyak hal hebat bisa muncul. Dengan kegagalan banyak sekali pembelajaran yang semakin baik. Pengalaman akan membuat proses perjalanan menjadi lebih cepat menuju kedewasaan.

Namun masih sering saya menemukan orang-orang yang menganggap kegagalan adalah garis finish dan tidak berniat untuk start lagi. Rata-rata dari mereka kurang bisa menerima kegagalan dan gagal move on (melupakan) atas apa yang pernah menimpanya. Berikut ini beberapa cara untuk menerima kegagalan;

1. Menerima Situasi

Mari menerima situasi, apapun yang sudah terjadi perlu untuk segera dilupakan. Pahami bahwa banyak hal terjadi diluar kontrol diri kita. Perjalanan usaha adalah lari jarak jauh bukan lari jarak pendek. Semakin cepat Anda berhenti, semakin bertambah energi untuk meneruskan perjalanan ini.

2. Bukan Satu-satunya

Segera sadar, ketahuilah bahwa kita tidak sendirian. Banyak sekali yang mengalami hal yang sama, seberapa pun besar kerugian kita pasti ada yang lebih besar. Bergabunglah dengan teman-teman yang sepikiran dalam menjalani usaha ini. Akan lebih baik bila banyak orang yang bisa bersama untuk melalui hal-hal sulit ini. Periksa sekeliling Anda, temukan orang yang tepat untuk berbagi pikiran.

3. Cuek atau Tak Usah Peduli

Tak peduli seberapa banyak yang sudah dilakukan, bila memang itu tidak bekerja dengan baik, segera berhenti. Ambil langkah mundur, ambil nafas dan luangkan sedikit waktu untuk sementara berhenti dari kegiatan tersebut. Ambil liburan untuk membuat pikiran kembali menjadi lebih segar, yakinkan diri sendiri bahwa Anda pasti bisa melewati semua kegagalan ini. Bersihkan pikiran untuk bisa menerima kegagalan untuk kemudian menjadi pemenang.

4. Menjadi Lebih Kuat

Persiapkan diri untuk memasuki “pertempuran” yang lebih dalam. Menjadi lebih kuat dalam menjalani semuanya. Pastikan untuk menempatkan perasaan dengan baik dari permainan ini. Ini adalah perjalanan bisnis, tempatkan pelana dengan baik dan mulailah bekerja dengan lebih baik. Ciptakan semangat dan yakin akan berhasil.

5. Lebih Realistis

Sebuah pepatah mengatakan “Penipu terbaik adalah Pikiran”. Pikiran kita akan sering menipu, dengan pencampuran perasaan maka seolah-olah semua keburukan menjadi nyata. Sesekali perlu berhenti mempercayai pikiran sendiri, coba bandingkan dengan situasi yang sebenarnya, analisa dengan baik dan gunakan teori bisnis yang baik juga.

—–|||

Menerima kegagalan lebih mendekatkan kita dengan keberhasilan, dibanding dengan menghidupkan kegagalan yang terjadi.

Selamat berkarya dan salam sukses.

 

1 thought on “Cara untuk Menerima Kegagalan dan Move On”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *