Wirausaha

Celah Bisnis di Industri Perikanan dan Kelautan

Kita semua mengenal Indonesia sebagai negara yang dipenuhi oleh laut. Pulau-pulau terpisah dan dipisahkan oleh laut. Dari sisi perikanan, Indonesia merupakan negara yang menjadi ketergantungan negara-negara tetangga untuk kebutuhan pasokan ikan. Semenjak munculnya peraturan-peraturan yang ketat dari Menteri KKP Ibu Susi, mata kita semua terbuka lebar. Negara-negara tetangga kita langsung kekurangan ikan.

Ini membuktikan bahwa industri perikanan sebuah lini bisnis tersendiri yang seksi. Dan pelaku bisnis di sektor perikanan ini justru di dominasi oleh orang asing dengan mengambil ikan di laut Indonesia. Orang Indonesianya cukup jadi makelar perijinan dan menjual kewenangannya kepada orang-orang luar. Namun saya sedang tidak membahas ini.

Ikan adalah salah satu sumber daya alam yang menjadi kekayaan tersendiri dan dimiliki oleh Indonesia. Mirip seperti sumber daya alam lain, emas, batubara, minyak dan gas. Mempunyai nilai yang sama besar. Saya akan coba membeberkan celah bisnis di sektor industri ini;

1. Pengolahan Ikan

Kebutuhan industri pengolahan ikan di Indonesia masih jauh dari memadai, masih tidak sebanding dengan besarnya jumlah ikan yang ditangkap setiap harinya. Sehingga ikan-ikan hasil tangkapan banyak yang langsung dikirim tanpa melalui proses pengolahan dan ini menghilangkan banyak sisi keuntungan bagi masyarakat.

2. Pabrik Es

Hampir dibeberapa titik Tempat Pelelangan Ikan, masyarakat nelayan yang saya temui, rata-rata mengatakan bahwa penyedia es masih sangat kurang. Sehingga ikan yang sudah tertangkap tidak bertahan lama kesegarannya.

3. Teknologi Kapal

Industri kapal di beberapa wilayah pantai Indonesia bisa dirasakan marak, namun teknologi di dalam kapal penangkapan ikannya masih belum memenuhi standar. Teknologi jaring, pengawetan ikan hingga navigasi, hampir semuanya hasil impor.

Industri Kapal

Dan masih banyak lagi celah bisnis yang bisa dilakukan di dunia perikanan dan kelautan. Sudah waktunya orang Indonesia berpikir untuk menginvestasikan waktu serta kemampuannya di industri perikanan dan kelautan ini.

Salam kreatif.

Pencarian yang datang:

  • gambar industri perikanan

2 thoughts on “Celah Bisnis di Industri Perikanan dan Kelautan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *