Crowd Funding Musisi Indonesia

Back to Industry, itu yang dikatakan oleh Bongky Marcell. Bass Player dari group band BIP. Tapi seperti apa itu back to industry? Tidak mudah untuk menemukan sebuah cara dengan “sedikit” radikal melawat arus dari industri itu sendiri. Keadaan industri bisnis dunia musik tidaklah gebyar seperti penampakannya. Banyak keberhasilan hanya berdasar dari nama yang melambung menjadi beken, namun tidak dengan pendapatannya, sementara musik tetap harus terus bergulir.

“Bayangkan bila sehari saja tidak ada musik yang anda dengar, seperti apa kira-kira?”.

Now, dengan berbekal beberapa kali pertemuan dengan group band BIP, muncul sebuah bisnis model untuk memberi semangat kepada musisi-musisi yang sudah mengorbit sebelumnya maupun yang belum. BIP Nation aka Bahana Indonesia Publishing memberi warna baru dengan membuat website khusus crowd sources funding. Awal dari konsep ini hanya sebatas mengakomodir kebutuhan penggemar Band BIP, dengan memberikan kembali nama atau “ketenaran” yang sudah diberikan oleh penggemar kepada BIP. Dengan beberapa fitur didalamnya benar-benar memberi kesempatan kepada penggemar untuk ikut andil lebih jauh ke dalam perkembangan bisnis musik yang dikembangkan oleh Band BIP.

Namun kini, kembali seperti di atas, setelah beberapa kali bertemu dengan personel-personel BIP, mereka justru ingin berbuat lebih kepada dunia musik itu sendiri, baik dalam industrinya maupun dalam karya serta ide-ide sederhana yang bisa membantu semua musisi, tidak hanya BIP itu sendiri. Sungguh menyenangkan masih bisa bertemu dengan orang-orang penuh idealism, yang tidak hanya keuntungan sendiri. BIPnation.com adalah situs musik crowd funding untuk membantu banyak musisi indonesia, untuk lebih mendekat ke penggemar dan mengajak bersama-sama membangun kembali seni musik terutama penghargaan terhadap nilai sebuah karya seni.

Sekilas konsep dari BIPnation Crowd Funding;

1. Musisi akan memasukkan hasil karyanya berupa Mp3 dan Video, baik berupa teaser maupun sudah jadi. Sebagai pembuka agar penggemar atau simpatisan untuk ikut andil dalam penggarapan Album baik solo maupun grup.

2. Musisi memberikan nilai-nilai dalam bentuk paket fix yang ditawarkan kepada penggemar ataupun simpatisan, dimana penggemar atau simpatisan akan memberi donasinya sesuai dengan paket yang diinginkannya. Pemberian donasi bisa dilakukan dengan bank transfer dan juga bisa dengan online transaksi.

3. Musisi memberikan janji (tenggat waktu) penyelesaian album sesuai janji kepada penggemar atau simpatisan, bilamana musisi tidak berhasil menjalankan sesuai tenggat waktu maka akan dilakukan mediasi oleh BIPnation. Dengan konsekuensi terberat di banned dari keanggotaan website dan dipublikasikan ke media online lainnya (aturan lebih jauh nantinya akan di publish).

4. Musisi akan mempublikasi hasil karyanya kembali ke Bipnation.com setelah produksi musiknya selesai sebagai bukti bahwa donasi penggemar atau simpatisan telah berhasil dijalankan.

5. Musisi membuka panel sesuai dengan paket fix yang sudah ditawarkan agar penggemar atau simpatisan bisa mendapatkan reward dari yang sudah didonasikan kepada musisi.

Keuntungan Musisi

1. Musisi menjadi lebih dekat dengan penggemar, dan bahu membahu membuat industri musik menjadi lebih fair.

2. Musisi memiliki ceruk sendiri untuk membuat karya seni sesuai keinginan dan tidak terpaku pada industri (major) yang ada.

3. Musisi memiliki media tambahan untuk mempromosikan hasil karyanya ke penggemarnya di around the world.

Keuntungan Penggemar

1. Penggemar bisa memiliki kedekatan yang lebih dengan musisi favoritnya.

2. Penggemar bisa mendapatkan hasil (benefit) langsung dari keikutsertaannya memberi donasi.

3. Penggemar bisa terlibat dalam pembuatan lagu, bahkan bisa ikut membuat lagu dengan musisi favoritnya (*sesuai kesepakatan).

4. Penggemar bisa ikut serta dalam video klip, bisa juga menjadi featuring artist bagi musisi favoritnya.

5. Penggemar bisa mendapatkan kemudahan berinteraksi serta mendapatkan kemudahan dalam membeli hasil karya.

6. Dan banyak lagi.

–|

Bipnation adalah persembahan dari musisi kepada penggemar dan penggemar kepada musisi indonesia. Jadi, tunggu ya launchingnya Bipnation.com, akan banyak kejutan disana nantinya. Dan juga doakan kami, agar konsepnya bisa terus menerus berkembang demi perkembangan industri musik ini sendiri. BIP Nation akan bergotong royong dengan KafeMusisi.com sebagai media partner. Dan sekali lagi, konsep di atas adalah perkembangan dari konsep sebelumnya yang pernah saya tulis disini.

Salam kreatif.

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *