Desain dalam Perspektif Global

Desain adalah, sebuah rencana atau konvensi dalam (usaha) pembangunan sebuah objek atau sistem. Memang tidak ada definisi arti dari desain secara lebih jelas (umum). Namun bila ditarik garis sirkuit dari setiap perencanaan atau perancangan maka akan muncul sebuah logika dan itulah Desain.

Secara formal, desain telah didefinisikan sebagai berikut;

1. (Sebagai Kata benda) Desain adalah sebuah spesifikasi dari sebuah objek, dimanifestasikan dan dimaksudkan untuk mencapai tujuan, dalam lingkungan tertentu, dengan menggunakan satu set komponen, memuaskan satu set persyaratan, tunduk pada aturan.

2. (Sebagai Kata kerja, transitif) untuk membuat desain, dalam suatu lingkungan (di mana desainer beroperasi). (Wikipedia)Definisi lain untuk desain adalah peta atau jalan atau pendekatan strategis bagi seseorang untuk mencapai harapan dan tujuan yang unik serta diinginkan.

Ini mendefinisikan spesifikasi, rencana, parameter, biaya, kegiatan, proses dan bagaimana dan apa yang harus dilakukan. Sebuah spesifikasi dapat diwujudkan dengan baik dalam sebuah perencanaan yang baik pula. Tidak ada institusi pemersatu dalam semua disiplin ilmu untuk desain. Karena denotasinya yang sangat luas dimana sangat memungkinkan untuk terciptanya filosofi-filosofi yang berbeda dalam pendekatannya terhadap sebuah subyek atau obyek.

Perancangan bisnis model, perancangan tampilan website, perencanaan kebutuhan rumah tangga, rencana masa depan usaha, perencanaan optimasi search engine (SEO), pembuatan metode ilmiah dan banyak lagi, merupakan contoh dari desain. Desain dalam skala yang lebih besar. Desain, tidaklah semata garis-garis grafik yang tersaji dalam sebuah layout.

Definisi lain untuk desain adalah peta atau jalan atau pendekatan strategis bagi seseorang untuk mencapai harapan dan tujuan yang unik serta diinginkan. Ini mendefinisikan spesifikasi, rencana, parameter, biaya, kegiatan, proses dan bagaimana dan apa yang harus dilakukan. Sebuah spesifikasi dapat diwujudkan dengan baik dalam sebuah perencanaan yang baik pula.

Yang pasti, didalam merancang sesuatu kita harus mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari dimensi estetika, fungsional, proses ekonomi hingga value ekonomi itu sendiri. Penelitian yang cukup untuk pemodelan dan interaksi antar muka (interface), sangatlah disarankan. Semoga “Desain dalam Perspektif Global” bisa sedikit membantu.

Salam kreatif.

1 thought on “Desain dalam Perspektif Global”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *