Eksplorasi Pilihan

Eksplorasi Pilihan

Kejenuhan adalah normal. Kita punya pilihan untuk tetap pada kurungan kejenuhan, atau mulai melakukan eksplorasi pilihan alternatif. Dalam merubah apa yang akan kita kerjakan ada beberapa model pilihan. Bisa kita lakukan perubahan terhadap kegiatan kita sekarang: Kegiatan apa yang harus anda tambah, apa yang anda kurangi, apa yang anda hilangkan, dan apa yang anda buat sebagai kegiatan baru.

Jadi kita melakukan kegiatan dan pekerjaan yang sama tapi dengan kesadaran baru. Menambah aktifitas yang kita sukai, mengurangi yang tidak kita suka. Ini adalah yang paling sederhana, dan dapat dilakukan satu demi satu secara pelahan.

Misalkan menambah kegiatan kuliah lagi, kursus bahasa mandarin, ikut kegiatan sosial, mulai hobi memotret, mulai mengajar, mengurangi kegiatan karaoke, berhenti merokok, atau memulai kebiasaan baru untuk bangun pagi dan berolah raga.

Bisa kita “pindah”, baik pindah kota, mencari kota yang lebih cocok, pada pekerjaan sama. Tetapi bisa juga berpindah pekerjaan sesuai dengan apa yang lebih kita sukai. Atau pensiun lebih awal, dan memulai hobi baru. Bisa mencari pekerjaan tambahan, memberi kursus, bisnis on-line, menulis buku, dan seterusnya.

Bisa juga cuti satu bulan, dan melakukan perjalanan unik untuk menenteramkan jiwa. Entahlah apa yang cocok dengan diri anda. Yang terpenting, kita dapat menjadi lebih hidup, tidak lagi menjadi gersang, kering, dan mati suri.

Bila kita cukup “berani”, perubahan yang radikal juga mungkin kita lakukan, pindah kerja apa saja ke keluar negeri, menikah dan hidup disana, misalkan.

Kadang eksplorsi pilihan hanya menghasilkan sesuatu yang ambigu, yang tidak jelas. Ini wajar saja, karena sering butuh waktu, untuk menetapkan diri mengerjakan sesuatu yang sangat berubah dalam hidup ini.

Gunakan kertas dan spidol atau bolpen, coret-coret tertulis, lingkari yang menarik dengan spidol warna. Tulis ulang apa yang menarik anda, dan coret-coret lagi. Kita bereksplorasi mencari apa yang sesuai dengan jiwa kita.

Salam Kreatif

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.