Fokus, Fokus, Fokus – Tiga Kunci Sukses Bisnis

Fokus, Fokus, Fokus – Tiga Kunci Sukses Bisnis

Sebagai pebisnis / pengusaha tentu sulit untuk menahan hal-hal baru yang menarik bahkan bila hal tersebut memiliki daya tarik keuntungan yang memabukkan. Kebanyakan ide cemerlang  juga sering menjadi hal yang merepotkan. Malah sebagian pengusaha menjadi pecandu peluang bisnis

Dan sebagai pengusaha hendaknya memegang kunci sukses berbisnis sebaik mungkin, sudah seharusnya memiliki ketekunan, teliti, giat dan memelihara semangat untuk terus menghidupkan satu model bisnis yang sudah diterapkan, untuk segera dibuat menjadi sebuah prototype kemudian dilempar ke pasar luar agar bisa diketahui kekurangan-kekurangan dan kelebihan-kelebihan dari model bisnis tersebut.

Fokus pada siapa diri kita, fokus pada bisnis model yang sudah dirintis dan fokus dengan perubahan-perubahan yang harus dijalani dalam bisnis. Kegiatan dan perilaku fokus ini menjadi mahal hanya karena mudahnya kita berpaling pada hal-hal lain yang gemerlap. Seringkali pula, ketidakfokusan menjadi sebuah penyeselan setelah sekian waktu berjalan dan kita tidak kemana-mana.

[xyz-ihs snippet=”720x90Banner”]

Pentingnya menjaga Fokus

Pada medio 2009, saya merubah bisnis periklanan luar ruang (billboard/reklame) yang saya miliki dengan bisnis periklanan digital berikut strateginya. 180 derajat perubahan bisnis yang saya jalani. Kemudian terus berjalan dan berjalan dengan mengedepankan bisnis berbasis online.

Fokus dengan bidang online, mengembangkan bisnis model yang mulai dirintis dan menggenerasi pendapatan dari model dan strategi bisnis ini. Mengikuti perkembangan teknologi yang muncul, membuat prototype produk untuk segera diluncurkan ke pasar hingga men-trial pendapatan dari setiap pergerakan yang dilakukan.

Kunci sukses bisnis paling utama adalah Fokus. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa kita seharusnya fokus pada uang yang dihasilkan, ada juga beberapa yang mengatakan kunci sukses bisnis itu fokus pada ketidakfokusan yang artinya selalu mengamati perubahan dan mencoba mengikuti perubahan tersebut dengan fokus.

Apapun Fokus yang Anda ikuti, hendaknya Anda tetap bisa menjaga fokus dari sedari awal tujuan bisnis yang dibangun, terus fokus dengan pembangunan produk yang saat ini ditangan, hingga terus fokus sampai semua pekerjaan selesai baru kemudian mengerjakan hal lainnya.

Tidak ada teori mutlak yang bisa menjadi kunci sukses bisnis. Keberadaan fokus, menjadi koridor agar pergerakan usaha apapun yang kita miliki menjadi lebih terarah dengan sedikit mengesampingkan hal-hal yang bisa membuat fokus kita berubah. Sesekali kita perlu untuk tidak peduli akan peluang yang muncul, dan meneruskan tujuan serta cita-cita yang sudah kita tanamkan sejak awal.

Salam Sukses.

[xyz-ihs snippet=”720x90Banner”]

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.