Golf dan Strategy Business

golf_header

Bermain golf, menjadi sebuah pergaulan yang bagus untuk networking. Golf, dikenal sebuah permainan yang dilakukan oleh para pengusaha. Banyak sekali pertanyaan yang beredar, mengapa golf seakan seperti olahraga yang eksklusif?. Apakah benar hanya orang-orang tertentu yang memainkannya?

Continue Reading

Menggapai Sukses Bisnis dengan 7 Cara Berpikir Pegolf

Sukses dengan Golf

Menggapai Sukses Bisnis dengan 7 Cara Berpikir Pegolf

1. Pemain Golf selalu berlatih dengan cara yang benar

Hidup ini singkat. Sangat salah apabila ada orang yang menginvestasikan waktunya ratusan jam hanya untuk mencoba memperbaiki suatu kesalahan. Lebih baik pergunakan waktu untuk memperbaiki cara yang sudah benar dan mengembangkannya. Agar bisa menguasai permainan dengan lebih baik. Pegolf tidak akan membiarkan waktu terbuang dengan berlatih sendirian terus menerus tanpa pembimbing atau guru. Bahwa bisnis pun membutuhkan latihan serta pembimbing ini sangat betul. Apakah berarti belajar sendiri itu tidak bisa? Bisa. Namun waktu tempuh akan semakin lama dan panjang. Setiap hal dalam bisnis membutuhkan penanganan yang berbeda dan penting untuk bisa menguasainya, seperti juga pemain golf profesional yang mampu menyesuaikan diri dengan lapangan yang berbeda-beda.

2. Mereka selalu berpikir saat ini

Berpikir saat ini, artinya tidak terganggu dengan apa yang sudah terjadi maupun terpikir apa yang akan terjadi di masa depan. Seorang pemain golf tidak akan memikirkan apa yang dilakukan oleh mitranya, atau takut permainannya dianggap jelek oleh mitra.

Begitu juga dengan bisnis. Lakukan yang sekarang, hindari Procastination atau penundaan atas semua hal yang seharusnya dikerjakan. Apa yang sudah terjadi biarkan terjadi, dan apa yang akan terjadi tidak perlu dipikirkan. Lakukan fokus apa yang harus diselesaikan saat ini, bukan besok.

3. Terus memperbaiki hal-hal fundamental

Pemain golf yang bagus, mengerti betapa pentingnya hal-hal fundamental, seperti dasar swing dan posisi berdiri yang baik. Menerapkan dasar yang fundamental dapat mempermudah menjalankan banyak hal dikemudian waktu. Dalam bisnis, hal yang sangat fundamental adalah aliran keuangan (cash flow) dan dari mana pendapatan tetapnya (sustainable income). Sehingga kemudian setelah dasar yang kokoh terbentuk, pengembangan pasar maupun inovasi produk selanjutnya akan lebih mudah. Segala sesuatu menjadi lebih selaras untuk mencapai sasaran, tujuan dan masa depan bisnis.

4. Belajar dengan visual dan penyesuaian

Mempelajari bisnis dengan memvisualisasikan apa yang akan dilakukan dari mulai tujuan hingga sasaran pasar sebuah produk, lebih memudahkan bagaimana menggapai fokus serta menerapkan afirmasi atas apa yang ada dalam pikiran. Seperti pegolf yang belajar mengayun tidak hanya dengan mesin, namun juga dengan menerapkan visualisasi atas struktur tubuh hingga afirmasi ayunan sampai dengan penyesuaian bentuk tubuh dengan kondisi lapangan. Dengan pelajaran ini, menargetkan sesuatu menjadi lebih terlihat dibandingkan hanya mengira-ngira dan ini bisa menciptakan masa depan yang lebih baik.

5. Rutin dan terus berulang

Para pemain golf yang hebat, selalu memiliki rutinitas yang sama sebelum melakukan ayunan dan menembakkan bola ke sasaran. Bahkan waktu yang dibutuhkan dalam berlatih kecil sebelum melakukan ayunannya memiliki waktu yang sama di setiap hole-nya. Apa ini artinya? Artinya bahwa perlu kebiasaan yang dibangun agar semakin menguasai bisnis dengan segala seluk beluknya. Selalu mempersiapkan diri dengan latihan (persiapan) yang rutin dan terus berulang untuk menghadapi apa saja yang terjadi nantinya. Ini akan membentuk kebiasaan yang bagus, pikiran – fisik akan terbangun dengan sendirinya dan bisnis semakin maju.

6. Selalu tenang dalam kondisi apapun

Don’t crack under pressure, jargon yang dimiliki oleh Tag Heuer ini mungkin sangat mewakili orang-orang dengan determinasi tinggi. Jangan pernah mencoba memecahkan tekanan. Tetap tenang dalam kondisi seburuk apapun, sikap ini akan semakin meninggikan posisi dan kutub positif dalam pengembangan pribadi untuk masa depan. Selalu tidak mudah, karena tekanan bisa memecahkan diri kita namun kita tidak akan pernah bisa memecahkan tekanan, kecuali mendiamkan atau menertawakannya. Ada banyak cara untuk melewati tekanan yang terjadi, tetap tenang dan lakukan apa saja seperti biasa agar semuanya lewat mungkin solusi terbaik saat Anda tidak mengerti apalagi yang harus dilakukan untuk mengurangi tekanan.

7. Mampu menerima apa yang terjadi dan terus bergerak (move on)

Apapun hasil yang muncul, ketika bola yang dipukul tidak meluncur ke sasaran sesuai harapan, pegolf akan tetap berpikir positif dan mencoba lagi yang terbaik. Begitu juga untuk menggapai sukses dalam berbisnis, penting untuk terus berpikir positif dan terus mencoba yang terbaik. Terus bergerak menghadapi apa yang terjadi, apapun emosi yang muncul, biar saja menghiasi pikiran namun tetap harus diredam dan berjalanlah ke depan, apabila perlu melompatlah. Ada banyak waktu untuk mencoba hal lain, namun fokus menjalani apa yang sudah dilakukan merupakan hal yang lebih penting.

Bisnis itu sebuah cara dan Sukses itu hasil kebiasaan.

Salam Kreatif.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Continue Reading

Belajar Golf dengan Gaya David Leadbetter

Belajar Golf di David Leadbetter

Mengapa David Leadbetter? Saya tidak tahu jawabannya, saya hanya paham bahwa tubuh dan semua gerakan yang diperagakan oleh David Leadbetter dalam youtube maupun buku panduannya, sangatlah pas dengan postur tubuh saya yang hanya 168 cm tingginya. Tentang David Leadbetter ini, saya dapatkan pengetahuannya dari teman dekat. Hingga akhirnya saya buka semua hal tentang David Leadbetter termasuk tentang Akademi belajar Golf miliknya.

Sekilas tentang David Leadbetter, David berasal dari Worthing di Sussex, Inggris. Dia memulai karir golfnya di Eropa dan Tour Afrika Selatan. Kesadarannya tentang teknik, mekanik dan seluk beluk permainan golf membuatnya memutuskan untuk membangun akademi belajar golf dibandingkan dengan bermain. Sejak pertengahan tahun 1980-an, David melepas karir dan segera membangun akademinya.

David memasukkan metode pembelajaran serta filsafat golf ke dalam program pelatihan yang ketat bahkan secara holistik. Banyak sekali instruktur berkualitas lahir dari akademi Devid Leadbetter miliknya. Perjalanan panjang selama 30 tahun telah melahirkan pemain hebat dengan 19 juara di kejuaraan Mayor. Dan lebih dari 100 kemenangan individu dalam turnamen di seluruh dunia. 6 dari para pemain bahkan telah berhasil menduduki puncak Ranking World Golf.

Swing yang diajarkan oleh Akademi Leadbetter terasa pas di tubuh saya dan tidak menyebabkan sakit pinggang. Namun tidak semua bisa sesuai dengan swing-swing yang diajarkannya, karena setiap orang memiliki postur tubuh dan kebiasaan tubuhnya masing-masing. Yang terpenting terus belajar golf dengan menerapkan filosofi golf serta makna dalam bermain golf.

Yuk Main Golf

Continue Reading

Main di Lapangan Golf Mountain View Dago Pakar, Bandung

Mountain View Dago

Seminggu yang lalu, saat ada pekerjaan sedikit di Bandung, saya dapat traktir main di lapangan golf Mountain View Dago Pakar di Bandung. Lapangan golf yang cantik dan terletak di atas bukit Dago Pakar. Dengan semangat, saya terima ajakan teman untuk bermain di lapangan golf ini, dan surprise! Permainan saya berantakan :D.

Lapangan golf ini kurang tepat untuk pemain golf yang baru bisa, meskipun bisa diartikan sebaliknya. Bisa dijadikan tempat belajar yang tepat untuk amatir seperti saya ini, bisa mengukur jarak dengan baik dan yang paling penting memperhatikan arah bola setelah pukulan (swing) agar bola tidak meluncur ke jurang ataupun aliran sungai.

Mountain View

Benar-benar sebuah tantangan tersendiri bermain di lapangan golf mountain view ini. Kontur lapangan yang naik turun, membuat posisi badan lebih sulit untuk menyesuaikan diri saat swing. Juga lebar green yang relatif pendek juga membuat harus benar-benar konsentrasi saat melakukan pukulan bola terutama driver :).

Sejak dari tee off, saya langsung merasakan kehilangan bola dan baru memasuki hole ke 3, saya sudah kehilangan lebih dari 5 bola. Maka disini ada istilah persiapan menyewa bola lebih banyak, kenapa bukan beli? Karena pada akhirnya, bola akan kembali ditemukan oleh para pengepul bola dan dijual kembali. Dan akhirnya saya putuskan untuk tidak menghitung skor permainan :D.

Mountain View

Ada yang bilang, belajarlah langsung dari hal yang tersulit. Namun karena terlanjur belajar dari tempat-tempat yang relatif mudah seperti Lapangan Golf Halim II dan Lapangan Golf Cilangkap maka belajar di lapangan golf mountain view ini sebuah kesulitan tersendiri bagi saya. Namun saya sangat menikmati bermain disini. Selain penuh tantangan, juga mendapat bonus menikmati udara yang sejuk serta pemandangan yang sangat indah. Apalagi saat memandang ke arah kota Bandung.

Golf adalah olahraga yang sarat dengan teknik dan perlu latihan yang intens. Sepertinya saya perlu lebih sering melakukan latihan sembari mempelajari teknik yang benar serta pas untuk postur tubuh saya. Dan golf adalah pembelajaran itu sendiri.

Yuk main golf.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Pencarian yang datang:

  • lapangan golf dago atas
Continue Reading

Olahraga Golf dan Kecerdasan

Obama dan Najib olahraga Golf

Olahraga Golf adalah permainan yang tidak hanya menantang keterampilan fisik tetapi juga kemampuan Anda untuk tetap tenang dan fokus. Dan ternyata, ini juga merupakan salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak. Apapun handicap Anda, olahraga golf dapat memberikan stimulasi otak yang menyenangkan, interaksi sosial yang merangsang otak, meningkatkan harga diri serta mempertajam konsentrasi.

Mengapa bisa begitu? Ini alasan-alasan hubungan olahraga golf dengan kecerdasan;

1) Meningkatkan Aliran Darah ke Otak

Tubuh yang bergerak memiliki manfaat yang sangat baik bagi otak, aliran darah yang lancar bisa meningkatkan stimulasi peredaran darah ke otak. Setelah memukul bola golf, kemudian berjalan menuju tempat jatuhnya bola, menambah kebugaran tubuh dan meningkatkan energi yang mengalir sehingga otak menjadi lebih segar dalam berpikir.

2) Berlatih Visualisasi

Tidak harus seperti Tiger Wood untuk belajar teknik visualisasi sederhana. Dengan membayangkan pukulan yang dilakukan, putt atau keseluruhan bentuk dari gerakan yang dilakukan, akan melatih otak kanan sehingga menambah daya kreatif. Ditambah lagi dengan visualisasi ini, akan muncul efek positif dari hasil akhir permainan golf.

3) Sosialisasi

Interaksi hingga percakapan di lapangan dengan pemain lain, akan menjadi sosialisasi yang bagus. Dalam sebuah studi di tahun 2008, bahwa bersosialisasi secara langsung dengan orang lain akan meningkatkan fungsi kognitif. Apakah selanjutnya akan menjadi sebuah pembicaraan bisnis atau berlibur bersama antar keluarga, pastikan untuk melakukan sosialisasi ini.

4) Meningkatkan Fungsi Mata

Saat bermain golf, Anda tidak hanya akan fokus ketika bola ada di dekat kaki namun juga akan belajar fokus untuk mencari dimana bola golf jatuh setelah dipukul. Dengan lapangan yang serba hijau, fungsi mata (secara visual) akan belajar untuk mencari bola sehingga merangsang fungsi pelacakan di otak.

5) Afirmasi Positif

Dalam bermain golf, afirmasi positif sangat penting. Dengan memiliki keyakinan bahwa Anda bisa memukul atau memasukkan bola ke putt, maka kemungkinan besar akan mendekati kenyataan. Afirmasi positif ini bisa meningkatkan kepercayaan diri dan juga otomatis harga diri. Percaya diri akan lebih mampu menumbuhkan semangat yang positif dan berpengaruh terhadap kreatifitas otak Anda.

6) Koordinasi

Golf sering disebut sebagai permainan yang memerlukan koordinasi yang sangat baik. Apakah itu tangan-mata, presisi pukulan yang berulang, atau keseimbangan setelah Anda menyelesaikan ayunan Anda, ini semua merupakan praktek-praktek latihan untuk otak Anda – untuk salah satu daerah otak Anda yang bertanggung jawab untuk koordinasi.

7) Mempertajam Fokus Anda

Dengan berkonsentrasi pada bola dan membayangkan ayunan Anda, Anda melatih otak Anda untuk fokus. Lapangan golf cenderung menjadi tempat yang cukup tenang, tapi Anda masih harus memblokir beberapa kebisingan dalam otak dan gerakan sekitarnya. Semakin sering Anda berlatih, semakin mudah untuk mengontrol perhatian dan pengolahan pikiran.

8) Strategi

Tidak peduli di mana Anda memukul bola, Anda  harus menyusun strategi untuk mengarahkan bola ke dalam lubang. Hal ini tidak hanya memerlukan penggunaan geometri, tetapi juga analisis dari kondisi lingkungan dan kekuatan pukulan. Praktek memecahkan masalah ini menjadi porsi latihan otak kiri.

9) Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sebuah studi tahun 2003 menunjukkan bahwa orang dengan rasa rendah diri yang tinggi cenderung mengurangi kreatifitas. Apabila Anda bermain golf dan sulit menghilangkan hasil buruk pada ingatan, maka itu akan terus menambah penyusutan kepercayaan diri. Dengan menyelesaikan putaran permainan golf yang sulit, Anda bisa menambah dorongan yang bagus terhadap diri sendiri untuk lebih percaya diri.

Main Golf Yuk!

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Continue Reading

Golf Blogger, Main Golf dan Menuliskan di Blog

Golf Blogger

Barangkali istilah Golf Blogger ini belum terlalu populer di Indonesia. Kebanyakan penyuka golf adalah pebisnis, yang belum tentu punya waktu untuk menuliskan pengalaman-pengalaman bermain golf, me-review lapangan golf, memberitakan turnamen dan ataupun menuliskan tip-tip bermain golf.

Dari sekian banyak tulisan tentang golf di internet, tulisan tip-tip bermain golf paling banyak ditemukan. Blog yang mengulas tentang keberadaan lapangan serta kondisi-kondisi tertentu dari lapangan, hingga keistimewaan atau kekurangan dari sebuah lapangan masih belum ditemukan. Dari sisi pemain golf, hal ini sebenarnya sangat dibutuhkan. Sebagai acuan untuk memilih lapangan yang sesuai dengan kondisi serta tujuannya untuk bermain golf.

Begitu juga dengan ulasan kelebihan dan kekurangan lapangan dari mulai rumput, holes, tekstur lapangan hingga jarak bermain, masih sangat jarang ditemukan. Rata-rata website (situs) lapangan golf belum memberikan detail yang menyeluruh bagi pemain yang ingin mencari referensi. Bagi pemula, hal-hal seperti ini menjadi penting.

Maka terbukalah kesempatan bagi orang yang suka main golf dan suka menulis di blog untuk menuliskan pengalaman-pengalamannya sekaligus menjual tulisan-tulisannya kepada lapangan golf, apparel golf dan sejenisnya melalui golf blog.

Dan saya akan memulainya :). Yuk main golf.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Pencarian yang datang:

  • gambar orang bermain golf
  • keistimewaan main golf
Continue Reading

Lapangan Golf Cilangkap, Bagus untuk Pemula

Lapangan golf cilangkap

Lapangan golf Cilangkap, terletak persis disamping Markas Besar TNI di Cilangkap – Jakarta Timur. Bahkan saya dengar, Panglima TNI beserta beberapa Jenderal suka bermain golf disitu. Namun saya berharap tidak bertemu beliau-beliau saat sedang bermain disana, bisa dibayangkan bagaimana penjagaannya, malah bikin tidak nyaman untuk bermain.

Lapangan ini bagus untuk pemula, seperti saya. Ketika pertama kali mencoba, saya terkejut dengan suasana yang adem. Selama bermain, saya tidak merasakan panas yang menyengat meskipun saya melihat partner bermain saya menggunakan payung beberapa kali. Atau mungkin ini perasaan saya saja :).

Ada 18 hole dilapangan golf Cilangkap ini. Dengan jarak antar hole yang pendek, memudahkan bagi saya untuk bermain. Terutama saat melakukan pukulan Drive karena jarak paling jauh yang bisa saya lakukan baru 150 meter lebih dikit :D. Tekstur tanah di lapangan golf cilangkap ini memiliki sedikit keanehan, bola yang jatuh ke tanah bisa menghilang (menancap) ke dalam tanah dan tidak bisa dicari lagi. Ternyata para caddy juga mengatakan bahwa hal itu sering terjadi.

Saya sangat merekomendasikan teman-teman pemula yang ingin mencoba turun lapangan bermain golf, untuk mencoba lapangan golf cilangkap ini. Pelayanannya juga ramah serta caddy yang tidak cerewet mengatur-ngatur. Meskipun caddy bermaksud baik untuk memperbaiki pukulan, namun tak jarang ada caddy yang berlebihan dalam menyarankan, dan yang begini sangatlah mengganggu bagi saya.

lapangangolfcilangkap

Yuk main golf bareng.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Continue Reading

Berlatih Pukulan Pitching

top-of-golf-swing-drill

Saat bermain di lapangan dan pukulan drive berubah menjadi liar kemana-mana, bola tersesat keluar jalur dan masuk ke pepohonan atau bunker, bukan berarti permainan selesai. Kita masih bisa mengusahakannya dengan mengembalikan bola ke dalam jalur permainan melalui pukulan pitching.

Maka menjadi sangat penting untuk memahami pukulan pitching yang bagus untuk menyelamatkan permainan golf kita. Belajar pukulan pitching dengan akurasi dan konsistensi bisa berdampak pada saat kita bermain golf.

Pukulan pitching harus menjadi keterampilan bagi siapapun yang ingin berkecimpung dalam permainan golf, memang membutuhkan waktu untuk bisa menguasainya dengan baik. Berlatih melakukan pukulan pitching ini berbeda dengan berlatih pukulan drive, karena tidak membutuhkan tenaga penuh dan sangat fleksibel.

Pemain golf amatiran seperti saya ini sering merasa tidak percaya diri saat melakukan pukulan, dan sering mengarahkan bola dengan arah yang tidak beraturan sehingga bola bisa mendarat dimana-mana tanpa arah yang baik.

Untuk itu saya mengambil contoh belajar dari video di youtube;

Sedikit terjemahannya:

Untuk melakukan pukulan pitching, lakukan persiapan yang sama ketika melakukan pukulan iron. Namun kami ingin mengganti elemen yang menghasilkan tenaga penuh dengan unsur-unsur yang lebih mengedepankan unsur kontrol dan penguasaan rasa.

Anda dapat mengurangi tenaga dan meningkatkan kontrol pada saat area sliding scale (=ruang dimana stik bergerak turun dan mengenai bola) dengan menyesuaikan unsur-unsur berikut:

  • Kurangi lebar cara berdiri
  • Grip sedikit lebih ke bawah
  • Kurangi panjang ayunan

–||

Berlatih melakukan pukulan pitching ini sama penting dengan berlatih melakukan pukulan drive maupun pukulan putter. Dengan sikap dan posisi badan yang tepat (tentunya sesuai dengan kondisi badan masing-masing), bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Yuk latihan 🙂

Continue Reading

Asal Mula Ukuran Lubang Golf Muncul

Lubang Golf

Berapakah ukuran diameter lubang pada bola golf dilapangan golf? Saya sering bermain golf namun tidak tahu ukurannya yang pasti. Ternyata setelah browsing sana-sini, ukuran diameter dari lubang golf adalah 10,79 sentimeter, dan ukuran ini adalah ukuran standar yang digunakan di padang golf mana pun.

Menurut sejarah, ukuran lubang golf ini berawal dari kesepakatan yang dibuat oleh The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews, dibantu oleh Musselburgh. Pada 1891, melalui perdebatan yang cukup alot dan panjang, akhirnya semua menyepakati bahwa diameter lubang golf adalah 10,79 sentimeter.

Keputusan penentuan lubang golf ini didasari oleh alasan dimana ukuran tersebut merupakan ukuran pertama kali lubang golf digunakan. Yaitu pada tahun 1829, para pegolf di Musselburgh sudah menggunakan lubang dengan diameter 10,79 sentimeter.

Lantaran dengan ukuran diameter tersebut permainan menjadi lebih menantang, para pegolf di R&A akhirnya setuju mengadopsi ukuran lubang golf itu dan mulai memperkenalkannya pada 1891. Dan padang golf di seluruh dunia akhirnya mengikuti “aturan” tersebut.

Continue Reading

Golf and Business

Golf and Business

One day, me and two friends playing golf in Cilangkap Golf Course – East Jakarta. In the green, while we never play together before, my friend Yanuar said: “In golf, you will see yourself”. A sentence that full of philosophy.

Yes, when you swing and hit the ball, then the ball run wide into left or right green or drop into a bunker, you will meet a problem here. You can put your ball into a nicer lie when no one is watching. But it is utterly, utterly unacceptable to do this. Cheaters are shunned, and word of their perfidy spreads quickly. You destruct yourself by that. A good golfer will give themself a penalty when they accidentally move their ball, they call a penalty on themselves—even if no one would have noticed, and even if it means they lose the tournament and a fortune in prize money.

One of the most strength in this sport (thanks to the handicap system), people of widely differing abilities can compete against each other. This makes the game more fun. Though some weaselly types abuse the system by deliberately losing to clients.

Every golfer know that everyone is unique. There’s no player have the same style, there’s no player have the same skill. In fact, golf can be played by almost everyone. Same as business, demand yourself to be better day after day. We can hit the ball based on our direction, in a place that makes more easy to us to hit next. Good start will be made a good result.

Businessmen understand how to play in their competition. Business is a competition, competition with our self to build a good character more and more. The real competition after conquered ourself, we’ll see a big jungle of business. That’s why we need to play honest and learning quick from every situation. This is why golf and business have a tied connection.

Continue Reading