Statistik-internet-Indonesia-1

Industri Data dan Aplikasi Riset

Dunia industri data biasa dikaitkan dengan ilmu statistik yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan survey maupun riset. Dengan meledaknya perkembangan teknologi digital disertai mudahnya akses internet hingga ke pelosok, data hasil digital pun bermunculan.

Data yang berserakan di internet bisa dengan mudah diambil serta diolah untuk dijadikan bahan penentuan strategi pemasaran, bahkan teknologi digitalnya bisa dimanfaatkan untuk membangun hubungan yang lebih erat antara bisnis dengan pasarnya. Hal ini sudah dimulai dengan bagaimana memanfaatkan sosial media untuk pemasaran, penanganan keluhan hingga menjadi layanan pelanggan.

Perkembangan teknologi serta data, pun sudah seharusnya dimanfaatkan oleh perusahaan survey untuk menggunakannya, sehingga memungkinkan untuk menjadi lebih dekat dengan sasaran. Penggunaan teknologi seperti teknologi aplikasi riset bisa meningkatkan pendekatan secara kualitatif maupun kuantitatif.

Perkawinan teknologi aplikasi riset dengan ilmu data akan sangat membantu memudahkan pengelompokan data hingga hasil menjadi lebih cepat bahkan real-rime (seketika). Apa itu ilmu data? Silahkan baca di tulisan saya tentang kebutuhan ilmu data.

Maka memang sudah seharusnya perusahaan marketing dan research membangun aplikasi riset terutama yang bisa Mobile (apps). Pengintegrasian aplikasi riset dari web aplikasi dan mobile aplikasi akan sangat membantu membangun data yang dibutuhkan oleh klien maupun perusahaan itu sendiri. Dan semua perusahaan yang berbasis teknologi internet akan sangat membutuhkan data-data ini.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *