Inovasi sekarang dan terbang

Definisi Inovasi;

Membuat dan berkarya untuk mendapatkan nilai tambah dengan menciptakan ide baru dan mengimplementasikannya.

Entrepreneurs, tentu tidak akan mudah untuk puas hanya dengan menjalankan roda kenyamanan yang sudah berjalan. Sudah tentu akan terus berusaha menciptakan karya-karya baru dan menambah inovasi hingga bisa memberi dampak signifikan ke dalam bisnis atau produk usahanya.

Andrew Kaskus misalnya. Membuat kaskus.com dari awal hingga sekarang dengan penuh perubahan-perubahan yang inovatif. Sudah tentu, perubahan inovatif atau pun inovasi ini ditujukan untuk menambah pengguna kemudian mengakomodirnya. Kaskus berawal dari sebuah situs forum sosial yang tergolong “biasa”, namun memiliki animo yang tinggi dari banyak pengguna. Dan Andrew, menangkapnya dengan baik kemudian menambahkan sedikit forum khusus untuk jual beli, sesuai dengan keberadaan “masa entrepreneur” yang sedang menggeliat. Jadilah kaskus sebuah forum yang lebih dikenal sebagai forum jual beli.

Inovasi sekarang dan terbang!

Apa yang mendasari inovasi? Kebutuhan untuk terus eksis dan berkembang tentunya. Inovasi sangat berguna untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi dalam bisnis. Inovasi juga bagus untuk digunakan sebagai bagian penyelesaian masalah. Dengan inovasi pula kita bisa menilai dan menarik peluang untuk usaha/bisnis kita. Dan, inovasi sudah tentu digunakan untuk mengimprovisasi produk atau usaha yang sudah berjalan.

Pada dasarnya, semua bisnis adalah hasil kreatifitas. Oleh karenanya tidak ada salah kiranya bila saya katakan disini bahwa semua bisnis adalah bisnis kreatif. Kemudian apa saja yang bisa memicu kreatifitas tetap berjalan di sebuah organisasi bisnis?.

1. Sumber Daya Manusia

Orang-orang dilingkungan bisnis kita, sudah tentu mempunyai disiplin ilmu yang berbeda-beda. Sebuah kelebihan yang bagus buat usaha. Kita sebagai leader dalam organisasi tersebut, bisa memanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan inovasi yang sehebat mungkin.

2. Budaya Kerja

Membuat sebuah budaya kerja yang bagus dan dinamis akan meningkatkan pemikiran serta daya kerja yang lebih. Jangan lupakan unsur kesenangan yang membuat semua personal dalam organisasi untuk terlibat dalam permainan.

3. Ruang

Ciptakan ruang atau ruangan agar setiap personal dalam organisasi bisa memainkan peranannya dengan lebih baik dan lebih baik lagi. Ciptakan ruang kerja yang menyenangkan dan membuat semua yang terlibat didalamnya menjadi lebih bersemangat dan betah bekerja. Ruang yang menyenangkan, mudah untuk saling menyapa dan aktif.

4. Proses

Menjalani dan mendalami proses yang terjadi di setiap harinya. Munculkan ide sesegera mungkin, tentukan langkah-langkahnya dan segera dapatkan inovasinya dengan memahami kebutuhan baik internal maupun eksternal. Melakukan observasi hingga mendapatkan prototype yang tepat untuk kemudian dilakukan test, sampai bisa mendapatkan hal yang memang dibutuhkan baik untuk pelanggan ataupun untuk organisasi bisnis.

—|||

Dengan memenuhi inovasi, maka kreatifitas tidak akan pernah berhenti. Dan inovasi pun bisa lebih mudah didapatkan. Materi diatas adalah materi yang saya bawakan di beberapa hari kemarin, saat saya diundang untuk pertama kalinya oleh Pertamina Retail guna memberikan materi tentang entrepreneurship kepada 30 calon kepala SPBU yang akan segera ditempatkan.

Salah seorang pejabat Pertamina Retail berargumen bahwa kepala SPBU mulai sekarang harus bisa inovatif dalam mengelola SPBU, agar SPBU bisa menjadi lebih bagus, friendly dan makin berkembang.

Salam kreatif.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.