Kika Syafii

Terus Merasa Bodoh dan Menolak Tua

Inspiratif, Anak Muda meraih dollar dengan Internet Marketing

Internet Marketing, berkembang seiring dengan perkembangan dunia teknologi internet. Munculnya banyak platform sosial media ternyata ikut membantu meningkatnya status ekonomi, terutama penggiat internet. Di fesbuk saya mengenal beberapa anak muda yang aktif berbisnis melalui sosial media, baik sosial media sebagai media berbisnis maupun sebagai media untuk promosi semata.

Seperti yang dilakukan Asep Putra Puyak, pemuda dari Aceh ini berhasil mendapatkan banyak manfaat dari kegemarannya mengelola Fan Page di fesbuk. Dalam obrolan singkat melalui fitur pesan di fesbuk, saya memperoleh banyak pelajaran baru darinya.

“Kebebasan waktu dan finansial, bisa selalu ada untuk orang yang kita cintai (keluarga) kapanpun mereka butuh,” demikian kata Puyak, panggilan akrabnya.

Puyak menempatkan kebebasan atau waktu yang fleksibel menjadi alasan utama untuk memulai usaha berbisnis melalui sosial media, juga keinginannya untuk membangun kebebasan finansial bagi masa depannya nanti. Dimana dia bisa memilih mau sejauh mana pendapatan yang ditargetkan.

Puyak bercerita, ketika memulai usahanya dengan menerima jasa sebagai penulis konten website. Dia menulis artikel sesuai dengan kebutuhan pemesan artikel. Dan ini dijalaninya dengan semangat sembari mempelajari banyak hal tentang dunia internet, terutama internet marketing.

Sembari tertawa lebar dia mengatakan bahwa SEO adalah bidang paling tidak dia kuasai. Ini sangat unik, karena dunia internet marketing sangatlah erat kaitannya dengan Search Engine Optimization (SEO). “Aku nggak paham SEO, aku menyerah untuk hal ini…,” sahut Puyak.

Perjalanan belajar membawanya ke dalam satu titik fokus yaitu mengelola Fan Page di fesbuk. Dengan triknya yang sederhana dan unik, dia bergabung dengan berbagai admin fan page lain untuk saling membesarkan fan page. Kemudian di optimasi ke dalam blog-blog yang dikelola masing-masing admin fan page tersebut. Saat fesbuk mengganti Algoritma untuk semua pages yang ada didalamnya, maka ini pun semakin dimanfaatkan oleh Puyak untuk mengoptimasi pages-nya. Yang dengan kata lain, ini adalah salah satu metode dari SEO.

Ini membuktikan bahwa menguasai satu keahlian lebih baik dibanding menguasai banyak keahlian namun akhirnya hanya setengah-setengah kemampuan yang dimiliki. Pemuda ini sangat inspiratif. Cara berpikirnya yang kuat menunjukkan keinginan besarnya untuk terus bekerja dan berinovasi.

Puyak mengingatkan bahwa untuk memulai bisnis sendiri dibutuhkan mindset (cara berpikir) yang tepat terlebih dahulu. “Berpikirlah untuk terus berkarya, bukan untuk mendapatkan uang – uang dan uang semata.” Dengan memulai mengatur cara berpikir yang tepat, maka saat jatuh dalam berusaha maka akan lebih mudah untuk bangkit kembali, bukan jatuh untuk kemudian tidur seterusnya.

Perjalanannya tidak selalu mulus, Puyak pernah merasakan jatuh ditipu oleh beberapa pelanggan / pembeli fan page-nya dan semua itu dianggapnya sebagai bunga dalam perjalanan kehidupan berbisnisnya. Dan dia selalu yakin akan semakin besar karenanya.

Beberapa tips dari Puyak untuk pengelola fan page di fesbuk;

  1. Membalas komentar sesegera mungkin
  2. Membalas pesan di kotak pesan sesegera mungkin
  3. Berinteraksi lebih banyak terhadap penyuka halaman

Puyak juga mencermati tentang berkembangnya “konten sampah” di dunia internet. Dia mengatakan bahwa ini susah sekali dilawan, karena kenyataannya konten dan pembaca ini tidak bisa dipisahkan. Konten yang cenderung “sampah”, justru konten yang diminati oleh pembaca, sementara kalau konten dibikin bagus malah sepi pembaca. Dan sementara bisnis tetap harus berlangsung.

Ada harapan tersirat dari Puyak, semoga di masa depan internet semakin berkembang secara teknologi dan semakin mengedukasi secara isi. Sehingga Indonesia pun mendapatkan efek bagus dan semakin maju dalam memanfaatkan internet.

“Semoga Internet bisa di nikmati oleh semua rakyat indonesia, hingga yg terpencil, lebih cepat dan lebih terjangkau biaya nya. Sungguh internet memberikan peluang untuk maju secara setara anak desa dengan anak kota. Internet menghapus byk kasta, terjadi banyak lompatan-lompatan di sana. Pada fitrahnya semua orang punya kemauan dan kemampuan untuk mandiri, dan internet membuka pintu itu lebih lebar.” sahut Puyak ketika menjabarkan harapannya.

If you wanna go fast go alone if you wanna go far go together. Masih banyak potensi yg bisa digali dari social media, aku mengalami banyak kemajuan bebrapa bulan ini, setelah membuka diri bersinergi dengan banyak orang, ke depan ingin team makin solid, menciptakan alur kerja yg saling melengkapi…” tutup Puyak.

Sayangnya, Puyak merahasiakan penghasilan dollarnya. Terbukanya globalisasi melalui internet memang bisa menutup celah kemajuan, namun bagi orang yang memiliki optimis besar maka akan selalu ada kesempatan dalam kesulitan. Nah, Puyak sudah berhasil menjadi anak muda meraih dollar dengan internet marketing.

Bagaimana dengan Anda?

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

1 Discussion on “Inspiratif, Anak Muda meraih dollar dengan Internet Marketing”

Leave A Comment

Your email address will not be published.