Memiliki Web

Internet of Things, “Sesuatu” di Dunia Teknologi

Entah bagaimana mendefinisikannya dengan bahasa Indonesia yang mudah dan enak dibaca. Secara harfiah Internet of Things artinya benda-benda internet. Rasanya kurang nyambung bila melihat dengan keseluruhan yang ada dalam proses kerja internet of things. Ini sudah menjadi istilah untuk sebuah produk teknologi yang berbasis internet dan hardware bahkan satelit, yang dibalut dalam sebuah proses dan saling berkomunikasi.

Contoh produk teknologi yang sudah mulai banyak muncul dengan basis internet of things seperti Home Automation atau juga Smart Home. Smart Home atau Rumah Pintar, mulai banyak digunakan diberbagai wilayah negara, smart home banyak berfungsi untuk menambah kenyamanan, kemudahan dan tentu juga keamanan. Kunci pintu, kamar, televisi dan semuanya bisa dikontrol dengan teknologi internet yang kemudian merambah ke henpon (smartphone).

Teknologi ini, akan menjadi sangat besar dikemudian hari. Tercatat, Telkom sudah memulainya dengan internet of things ini di Indonesia. Memberikan layanan Televisi Pintar kepada konsumen yang dikemas dengan baik. Masih ada kekurangan namun itu awalan yang bagus untuk ke depan. Saya dengar, Indosat juga sudah mulai bergerak untuk menyentuh teknologi internet of things ini.

Penggabungan internet untuk menjembatani perangkat lunak berkomunikasi dengan perangkat keras, juga ada kemungkinan dengan menggunakan sensor seperti blue tooth sangat membantu Internet of things ini memiliki keluasan produk yang tidak terhingga. Karena proses teknologi ini bahkan bisa menyentuh ke dalam skema robotik.

Melalui penelitian dengan skala kecil, saya dan tim mencoba menggabungkan teknologi blue tooth di smartphone untuk membuat Kunci Ganda kendaraan. Dengan blue tooth dan aplikasi, mesin mobil tidak akan bisa dinyalakan oleh siapapun kecuali pemilik aplikasi, sehingga mobil aman dari pencurian. Dan ini juga bisa disematkan di kendaraan kecil seperti sepeda motor.

Ya, teknologi sudah mulai berkembang dengan pesat dan saya tidak berani membayangkan apalagi yang akan muncul dikemudian hari. Semua hal akan terhubung dengan teknologi, bagi pelaku wirausaha atau bisnis, sudah waktunya untuk memaksimalkan teknologi dalam menjalankan bisnisnya.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Salam Kreatif.

2 thoughts on “Internet of Things, “Sesuatu” di Dunia Teknologi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *