Kala Calon Pelanggan Menjanjikan Banyak Pelanggan

Mas, kalau Anda menurunkan harga, nanti saya ajak teman-teman untuk datang dan memesan desain dari Mas.

Anda bergerak dibidang jasa? Saya yakin pernah mengalami situasi seperti ini, dimana calon pelanggan menjanjikan akan membawa banyak teman-temannya untuk memesan jasa bila dia diberikan harga yang murah. Dan tebak, dari 10 orang yang mengalaminya hanya 1 orang yang sanggup menolak rayuan calon pelanggan tersebut. Sisanya, segera menurunkan harga dan  jadilan kesepakatan transaksi. 

Sudah jadi kenyataan bahwa produk dengan bidang jasa tidak memiliki standar yang sama antara satu penyedia jasa dengan penyedia jasa lainnya. Sementara pelanggan maupun calon pelanggan, hanya berpikir bagaimana caranya bisa menguntungkan dirinya. Mereka hanya berpikir bagaimana bisa mengeluarkan uang sesedikit mungkin dan mendapatkan hasil sebanyak mungkin.

Bagaimana mensiasati itu semua? Berikut ini ada beberapa tips untuk menghadapinya;

1. Standar Harga

Buatlah standar harga dari setiap layanan jasa yang ditawarkan. Pastikan standar harga tersebut tersampaikan dengan baik kepada calon pelanggan. Terangkan setiap detail yang diperlukan kepada calon pelanggan mana harga yang bisa fix atau tidak bisa ditawar dan mana yang bisa ditawar. Layanan jasa memang tidak memiliki patokan harga, maka perlu untuk memberikan pengetahuan yang sesuai dengan effort dan hasil.

Yakinkan pada calon pelanggan bahwa hasil jasa / karya Anda merupakan yang terbaik dengan harga yang sesuai. Tentunya perlu juga untuk memberikan sedikit hasil tambahan (kejutan) sebagai bagian dari memberi lebih kepada pelanggan.

2. Jangan Takut Menolak

Bila calon pelanggan masih terus merayu agar bisa menurunkan standar harga yang Anda miliki, maka jangan takut untuk menolak. Percayalah kepada diri sendiri bahwa hasil karya Anda memang tidak layak bila dihargai terlalu murah. Tidak perlu untuk takut bila tidak terjadi transaksi, tidak perlu pula takut bila nantinya di kemudian hari layanan jasa Anda jadi tidak laku. Masih banyak orang yang bisa menghargai hasil karya Anda.

3. Berhenti Melayaninya

Saat calon pelanggan gigih menawar harga layanan jasa Anda, bahkan dengan memberikan perbandingan harga dengan layanan jasa lain, maka sebenarnya calon pelanggan Anda hanya berniat mencari harga termurah dan tidak berniat mencari hasil terbaik. Segera berhenti melayaninya, jangan kotori pikiran Anda dengan emosi karena dibanding-bandingkan. Fokus kembali kepada layanan jasa Anda dan usaha yang dimiliki. Carilah calon pelanggan lain.

Ada satu hal yang perlu diketahui, saat pelanggan sudah menggunakan cara apapun untuk mendapatkan harga yang rendah dari hasil layanan jasa Anda, maka bila terjadi deal dia tidak akan kembali menggunakan layanan Anda di suatu saat apalagi membawa banyak teman-temannya untuk menjadi pelanggan Anda.

Salam Sukses

[xyz-ihs snippet=”1PPCStatic”]

1 thought on “Kala Calon Pelanggan Menjanjikan Banyak Pelanggan”

  1. pernah mas, buka jasa tweet sebagai buzzer, eh, dikasih harga normal minta diskon, dikasih diskon minta turun lagi dengan janji bawa temannya buat order juga, katanya temennya mau order, yaudah ditolak deh. 😀 rejeki hilang, tapi lega gak pusing akibat harga rendah minta maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *