Kompetisi Perencanaan Bisnis DATSUN RISING CHALLENGE

Geliat entrepreneur muda begitu terasakan di Indonesia. Perlahan namun pasti, bermunculan (entrepreneur) pebisnis muda yang sukses meraih impiannya. Beberapa hari yang lalu, di sebuah meeting dengan pengelola sebuah perusahaan online payment, saya mendapatkan cerita bahwa; banyak pelanggan mereka yang sukses merintis bisnisnya dengan rata-rata usia yang masih muda. Bahkan ada satu bisnis yang dikelola oleh seorang pemudi, bisa menghasilkan nominal bersih sebesar 1 milyar setahun. Ini yang dari sisi bisnis online, belum lagi yang bisnis offline. Pasti dahsyat.

Apa yang menjadikan para pemuda dan pemudi ini sukses merintis hingga membesarkan usahanya? Kreatif! Ya, mereka kreatif menggunakan apa yang ada untuk memulai segalanya. Sebagian dari mereka memiliki kreatifitas yang tinggi, yang terlihat dari perancangan serta perencanaan bisnis yang mereka lakukan. 

Datsun Open Ceremony
Datsun Open Ceremony

Pertumbuhan bisnis serta perkembangan entrepreneurship, mulai mendapat perhatian dari perusahaan-perusahaan besar. Saya belum lupa, setahun yang lalu, saya terlibat dalam sebuah kompetisi perencanaan bisnis yang diadakan oleh salah satu Bank BUMN terbesar di Indonesia.

Sungguh menyenangkan, melihat pemuda – pemudi ini beradu kreatifitas. Ini sangat patut dibanggakan. Disusul oleh beberapa ajang serupa yang memang memiliki daya tarik masing-masing. Tentu akan bisa menciptakan lebih banyak rising star dalam dunia usaha. Seperti juga Kompetisi Perencanaan Bisnis yang diselenggarakan oleh Datsun Indonesia.

Datsun Breakthrough
Datsun Breakthrough

Kompetisi yang diberi judul Datsun Rising Challenge ini, juga memberikan kesempatan kepada pemuda – pemudi yang tertarik dalam dunia bisnis. Dalam pandangan saya, bukan untuk mendapatkan hadiah besar, namun lebih kepada untuk mendapatkan insight dari pengetahuan bisnis mereka sendiri. Mereka bisa memperlihatkan kepada khalayak ramai akan kreatifitas yang dimiliki, juga sekaligus memperbaiki ide maupun perencanaan yang dimilikinya.

Kompetisi Datsun Rising Challenge diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan lebih banyak kepada pesertanya, salah satunya dengan mendapatkan pengetahuan dari pebisnis yang sudah sukses.

Menurut salah satu juri kompetisi ini, Michael Tampi, dengan diadakannya kompetisi Datsun Rising Challenge ini, diharapkan para wirausahawan muda bisa menciptakan rencana bisnis yang cerdas agar bisa bertahan dalam iklim bisnis yang memang sangat dinamis.

Oleh karenanya, Datsun Indonesia menyebar penyelenggaraan ajang kreatif ini ke 5 kota besar di Indonesia. Yaitu Jakarta (30 Nov – 6 Des 2013), Bandung (9 – 15 Des 2013), Yogyakarta (18 – 20 Des 2013), Semarang (23 – 24 Des 2013) dan Surabaya (28 – 30 Des 2013).

Datsun Rising Challenge
Datsun Rising Challenge

Secara pribadi saya mendukung semua ajang kreatifitas untuk bisnis. Kesempatan dalam mengaplikasikan ide seperti ini yang dibutuhkan oleh anak-anak muda Indonesia agar terbuka wawasannya dalam berwirausaha.

Rising Star is a moment to make a wish, if you want to be a rising star, let’s start with a wish.

Salam Sukses.

2 thoughts on “Kompetisi Perencanaan Bisnis DATSUN RISING CHALLENGE”

  1. Jiwa enterpreneur semacam inilah yang perlu terus dikembangkan di kalangan kaum muda, mas kika. Ya, saya sepakat, kuncinya ada pada kreativitas, tak hanya butuh modal uang semata. sukses selalu buat mas kika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *