Kultur Bisnis Model

Bisnis Model KulturAlex Osterwalder menerapkan konsep yang sederhana namun powerful dengan Business Model Generation-nya. Penggunaan bisnis model yang lebih relevan dengan menyesuaikan keadaan dari waktu ke waktu atau proses adaptasi produk yang tidak kaku menyorot dari satu hal saja.

Pelajaran ini menerapkan kultur bisnis model yang membuat kita mudah memperlajari dan mempraktekkannya. Sebuah buku yang di desain benar-benar menyesuaikan proses dan tahapan-tahapan bisnis yang hampir semuanya dialami oleh pebisnis. Sebagai pebisnis, Anda selayaknya mempelajarinya agar mudah memetakan segala hal kebutuhan bisnis dari sekarang dan ke masa depan, atau bahkan bisnis baru yang sedang dalam alam pikir.

Inovasi bisnis model pun banyak mengedepankan keberadaan kebutuhan atas orientasi profit serta benefit yang bisa didapat dalam waktu bersamaan. Beberapa hal penting yang perlu untuk pebisnis ketahui dalam kultur bisnis model, berikut ini diantaranya;

Penerapan Logika

Dalam Business Model, dikenalkan 9 blok yang berisi dengan beberapa poin yang saling bertautan. Seperti yang sudah Anda kenal, Business Model mengajak kita mengenali benar Customer Segment agar bisnis bisa lebih tertuju, dan terukur dalam parameter yang bisa dipertanggungjawabkan.

Kemudian meningkatkan penjualan dalam pasar dengan menggunakan service atau layanan yang di bungkus dalam Customer Relationship. Disinilah letak Inovasi akan banyak dilakukan, berdasarkan model bisnis yang sedang dikembangkan. Banyak yang telah menetapkan layanan sebagai bagian penjualan atau terobosan untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan, contohnya Zappos.com yang berani mengembalikan uang pembelian bila dalam 365 hari, produk yang dibeli belum sampai ditangan pembeli.

Tentu untuk menyeimbangkan inovasi dalam pelayanan, maka Channel dalam mengantarkan atau melakukan penetrasi pasar perlu untuk dirubah atau disesuaikan. Anda bisa mendesain Toko/Outlet/Pabrik menjadi sebuah tempat yang sesuai dengan strategi pasar yang muncul berdasarkan segmentasi pelanggan.

Dan Anda bisa dengan mudah mengetahui dimana saja Revenue yang bisa didapatkan dari beberapa efisiensi yang telah terbentuk. Akan menjadi lebih besar serta terus mengalir bila Anda bisa menempatkan Value* Anda atau produk Anda di pasar dengan tepat.

Business model adalah sebuah konsep atau bahkan tool yang memudahkan Anda untuk mentoleransi perubahan secara logika dan pencapaian kemajuan berdasar penerapan logika.

Mengenal Efisiensi

Dijaman sekarang, dimana bisnis tidak lagi bisa didominasi sendirian (single dominate) maka sebuah bisnis akan membutuhkan bentuk Partnership. Contoh; banyaknya website yang menggunakan Cross Login seperti login via Facebook. Pemilik website bisa menurunkan tingkat resiko yang tidak perlu, juga mengambil kegiatan yang sudah bisa dilakukan melalui website lain.

Penempatan Value* tentu akan membutuhkan juga aktifitas untuk berproduksi, entah itu memperbanyak atau mengurangi. Juga aktifitas untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam penempatan Value, atau menciptakan platform dalam jaringan bisnis yang Anda miliki. Letak efisiensi yang membutuhkan kecermatan dalam menjalankannya.

Tentu dalam berproduksi atau menjalankan bisnis, Anda akan membutuhkan Sumber daya (Resources) yang sesuai. Apakah itu sumber daya manusia, aset bahkan Financial (hitungan modal). Dengan penentuan sumber daya yang terencanakan dengan baik, Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih tepat dan terarah tanpa harus menggunakan sumber daya yang berlebihan.

Karena bagaimana pun, pada akhirnya akan muncul struktur biaya (Cost Structure) untuk lebih bisa mengarahkan sumber daya terus bergerak dan tetap menjalankan bisnis hingga semakin berkembang dan besar. Sesuai dengan penempatan Value yang memang sudah Anda ciptakan berdasar Efisiensi dan Logika dalam bisnis Anda. Sehingga Anda akan lebih efektif dan cermat dalam berbisnis.

Semoga kultur bisnis model ini bisa membawa bisnis kita semakin maju dan besar.

Salam Sukses.

1 thought on “Kultur Bisnis Model”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *