Localize SEO, cara baru?

1.    Localize SEO
Besar kemungkinan, sebagian besar dari Anda yang sedang melakukan pencarian di Google akan menampilkan daftar Google Places. Dari sebuah riset untuk SEO, beberapa pelacakan kunci yang dilakukan di halaman hasil mesin pencari Google (SERP), pengguna lebih tertarik untuk melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap salah satu halaman berdasarkan daftar tempat yang di listing oleh Google. Silahkan daftarkan perusahaan atau lokasi bisnis Anda ke Google Places.  Lihat contoh gambar.

Jika bisnis Anda bergantung pada daftar lokal, berkonsentrasilah pada penempatan diri di Google Places. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan:
–    Kutipan (Citations) : Pastikan informasi bisnis Anda dengan tepat dan tercantum sebanyak mungkin di internet.  (Silahkan baca kembali tulisan saya tentang Unbundling Tagging). Seperti biasa, konsistensi adalah raja. Jika Anda menulis “Miwzb” sebagai pengganti Mie Wasabi, maka pastikan Anda menuliskannya sama di semua website atau Blog atau listing Anda. Gunakanlah label, tag dan hashtag untuk menambah kekuatan.
–    Google Places Page Optimization : Sama seperti website Anda, pastikan halaman Places Anda dengan benar dan optimal. Sertakan kategori yang sama persis, jika perlu tambahkan keterangan kota yang lebih spesifik.
–    Ulasan (Review): Google hanya akan menampilkan review dari Google, tetapi mendapatkan bantuan review dari mesin aggregator seperti technorati dan blogcatalog sangatlah membantu. Juga review yang dilakukan dalam halaman website atau blog yang rankingnya sudah diatas 3, akan sangat membantu.

2.    Social Media
Dengan social media dan bila Anda aktif didalamya, maka sama dengan Anda menempatkan banyak informasi ke dalam Internet. Maka gunakanlah social media sebagai bagian dari SEO untuk memberikan informasi perusahaan, kapasitas dan kualitas Anda. Sama kan persepsi dari setiap informasi yang Anda berikan.

3.    Pikiran Orang
Orang-orang melakukan pencarian di mesin Google karena ingin mengetahui sesuatu atau mencari sesuatu. Antisipasi pertanyaan-pertanyaan tersebut, bila seseorang ingin mencari atau menanyakan tentang “Integrated Digital Campaign” karena ingin mendapatkan ahli dalam kampanye digital yang terintegrasi di internet, maka keywords dan isi halaman website Anda menyediakan jawaban untuk itu. Lihat contoh gambar.

4.    Konten adalah Raja
Google adalah mesin pintar. Bisa melihat mana yang berbayar dan juga spam. Strategi jangka panjang yang bagus untuk SEO adalah memindahkan focus (keywords) ke dalam layar konten yang lebih luas. Menempatkan link ke dalam sebuah artikel di website ber-ranking tinggi. Dan penulis yang bagus akan membantu kompetisi dalam bisnis Anda. Ini salah satu alasan saya memunculkan product review.

5.    Skema Website
Periksa kembali skema website Anda. Bisa dilakukan di Schema.org, sebuah website yang dibangun oleh 3 perusahaan besar (Google, Yahoo dan Bing). Pastikan anda mempunyai index yang sesuai dalam skema tersebut. Ini akan memudahkan bagi mesin-mesin pencari untuk menemukan website Anda.

Anda bisa menambahkan potongan-potongan yang bisa memperkaya isi halaman website. Seperti:  Event yang akan dating, FAQ, Harga dan penjelasan produk dan lain-lainnya. Ini akan menarik bagi pengunjung dan kemungkinan besar akan melakukan kunjungan ke halaman tersebut.

6.    Data
Mulailah menggunakan sumber-sumber data untuk menganalisa hasil dari pekerjaan Anda dan kembali perbaiki. Alat paling efektif saat ini adalah Google Analytics. Google Analytics akan memberikan data yang sesuai atas apa yang terjadi di website Anda seperti berapa jumlah pengunjung, seberapa lama pengunjung berada di website Anda dan lain-lain.

(Copy Paste from Kika.web.id)

Salam kreatif.

1 comment found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.