Mari Ciptakan Kesuksesan di Tahun 2014

Mari Ciptakan Kesuksesan di Tahun 2014

1. Welcome The New Normality. Kita Sambut Normal-Baru ini.
Dollar sudah di 12.300, dan akan terus berdansa di 2014. Mungkin saja akan turun pada 11.000, mungkin akan naik ke 13.000. Bunga bank akan naik, likuiditas akan lebih sulit. Cash flow jadi penting. Bisnis akan lebih pelan, dan semua harus ber hati hati. Beaya naik, UMR naik, banyak demo, pelanggan makin banyak maunya, persaingan akan menggila, teknologi berubah lagi. Semuanya membawa “normal-baru” yang harus kita “Amin-i”. Harus kita sambut dengan tangan terbuka, dan dengan sepenuh hati.

2. Know Your Business. Pahami Bisnis Anda.
Pahami bisnis anda, pikirkan kembali SWOT anda. Pikirkan kembali selama ini apa yang lebih apa yang kurang. Anda sudah berbisnis selama ini, apa yang dapat anda pelajari, apa yang harus anda lakukan supaya bisa lebih bersaing? Apa yang telah sukses dan apa yang gagal, dan mengapa. Dan apa yang dapat kita lakukan dengan pemahaman kerja kita selama ini, supaya lebih sukses pada tahun 2014 ini.

3. Be Open. Terbukalah.
Informasi sudah mengalir dengan deras, segalanya berubah dengan sangat cepat, kesempatkan sering lewat dengan cepat. Terbukalah, berbagi informasi dengan semua orang. Karyawan, pelanggan, partner, supplier, semuanya mampu memberikan masukan dan memberikan idea untuk bisnis anda. Bukalah mata telinga anda. Berbagilah.

4. Fosus on Opportunities. Fokus pada Kesempatan.
Ini lah saat terbaik untuk berkembang, ketika ada perubahan besar, ketika banyak ketidak pastian. Kita berupaya sebisanya, dan selalu memikirkan apa yang dapat kita lakukan pada kesempatan2 yang lewat didepan mata kita. Fokus pada kesempatan, fokus pada apa yang “mungkin” dan “dapat” kita kerjakan. Bukan mengawur dan asal kerja apa saja, tapi benar-benar berpikir yang dalam untuk merengut kesempatan tepat yang datang.

5. Own Your Success. Ciptakan Sukses Anda.
Semua orang paham bahwa Sukses tidak datang dengan begitu saja, sukses punya “harga” yang harus dibayar. Kita harus rela dan mau membayar harga untuk menjadi Sukses. Kita harus bekerja extra keras, dan extra cerdas. Kita harus membangun satu demi satu kemampuan kita, untuk pada saat yang tepat, merenggut kesempatan yang ada, untuk menghasilkan kesuksesan buat diri kita dan perusahaan kita.

Waktu kita hanya tersisa seminggu sebelum tahun 2013 berganti menjadi 2014. Pada jeda hening akhir tahun ini; ketika banyak hiruk pikuk kebingaran yang melanda masing2 kita, mungkin ada baiknya meluangkan sedikit waktu untuk hening, untuk memikirkan bagaimana menciptakan sukses kita di 2014. Keajaiban lebih berpikak pada orang-orang yang selalu berupaya untuk menciptakan suksesnya sendiri.

*Tanadi Santoso. Surabaya, 23 Dec 2013.

1 comment found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.