Marketing for small business

Untuk bisa sukses, pengusaha harus mampu menarik dan mempertahankan basis pertumbuhan pelanggan, terutama yang puas dengan produk atau layanan. Namun juga harus bisa mempertimbangkan untuk memperkuat bagian-bagian lemah dalam perusahaan, agar semakin maju dan berkembang.

Pemasaran, meskipun banyak macamnya, semua ditujukan untuk meyakinkan orang guna mencoba atau tetap menggunakan produk atau jasa tertentu. Pemilik bisnis harus hati-hati dengan rencana strategi pemasaran dan juga kinerja untuk menjaga keberadaan pasar mereka tetaplah kuat.

Apa itu Pemasaran?

1. Semua kebijakan perusahaan dan kegiatan harus diarahkan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan.
2. Menguntungkan volume penjualan lebih penting daripada volume penjualan maksimal.

Berikut ini beberapa prinsip yang bagus untuk digunakan dalam sebuah usaha yang masih skala kecil:

* Tentukan kebutuhan pelanggan melalui riset pasar (What, Why and How?)
* Menganalisis keunggulan kompetitif mereka untuk mengembangkan strategi pasar
* Pilih pasar spesifik untuk melayani dengan target pemasaran
* Tentukan bagaimana untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan mengidentifikasi pasar campuran

– Riset Pasar

Pemasaran yang berhasil membutuhkan informasi pasar yang tepat dalam waktu yang relevan. Sebuah program penelitian murah, berdasarkanpertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada pelanggan saat ini atau calon, sering dapat mengungkap ketidakpuasan atau mungkin ide-ide produk atau jasa baru.

Penelitian Pasar juga akan mengidentifikasi tren yang mempengaruhi penjualan dan profitabilitas. Pengusaha dituntut bisa mengamati perkembangan yang terjadi didalam lingkungan seperti pergeseran penduduk, perkembangan hukum, dan stabilitas atau situasi ekonomi lokal. Lakukan pemantauan kemudian cepatlah lakukan identifikasi masalah dan peluang. Hal ini juga penting untuk bisa menjaga persaingan.

– Strategi Pemasaran

Sebuah strategi pemasaran berguna untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok pelanggan dengan bisnis tertentu, agar bisa lebih baik dalam melayani dan menjaga diri dari target pesaing, tentu dengan memberikan penawaran produk dengan pelayanan yang panjang (long-tail), harga, distribusi, usaha promosi, dan layanan kepada segmen pasar yang tepat.

Idealnya, strategi harus memenuhi kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi dengan menawarkan potensi keuntungan yang memadai. Sebuah strategi yang baik akan membantu fokus bisnis pada pasar target dan melayani pelanggan dengan pelayanan terbaik.

– Target Pemasaran

Pemilik usaha skala kecil biasanya memiliki sumber daya yang terbatas dan juga pendanaan yang terbatas pula, sehingga akan butuh untuk mengeluarkan banyak hal ketika melakukan pemasaran. Itulah kenapa pengusaha harus bisa mengenal efisiensi dan logika dalam usahanya sendiri. Memusatkan upaya pada satu atau beberapa segmen pasar yang penting – target marketing – guna mendapatkan kembali investasi yang sudah dilakukan. Ada dua metode yang bisa digunakan untuk memetakan segmen pasar dalam skala kecil:

1. Segmentasi Geografis – Untuk mengkhususkan diri dalam melayani kebutuhan pelanggan di wilayah geografis tertentu. Sebagai contoh, sebuah toko lingkungan dapat mengirimkan iklan hanya kepada orang yang tinggal di dalam jangkauan jarak satu kilo atau dua kilo dari lokasi toko.

2. Segmentasi Pelanggan – Untuk mengidentifikasi orang-orang yang paling mungkin membeli produk atau layanan dengan sasaran kelompok-kelompok atau komunitas.

Ketahui dengan baik Bisnis Model Anda dan lakukan eksplorasi ide maupun inovasi untuk usaha Anda, dan teruslah lakukan dengan beradaptasi pada lingkungan pasar.

Salam kreatif.

Diambil dari berbagai sumber.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.