Menciptakan VISI Menurut Peter Block

“A computer on every desk and in every home, running Microsoft Software” – Microsoft.

Visi diatas begitu jelas, gamblang, kuat dan mudah dimengerti apa yang menjadi arah pandang Microsoft dalam menjalankan arah perusahaan ke masa depan. Yang bahkan untuk sekian puluh tahun ke depan masih begitu kuat. Visi, merupakan cara pandang kita untuk menentukan apa yang harus dicapai dalam menjalankan perusahaan. Semakin jelas Visi, semakin mudah kita menentukan apa-apa saja yang diperlukan untuk membuat arah perusahaan menjadi sesuai dengan arah pandang.

Secara mudah, Visi bisa diterjemahkan sebagai target akhir dari sesuatu atau perusahaan yang kita miliki. Visi menjadi mutlak karenanya. Tanpa Visi yang jelas, perusahaan atau kita, akan kesulitan untuk mendefinisi kemauan yang sebenarnya ingin kita raih. Visi adalah bagian penting dari strategi yang akan ditetapkan. Ada beberapa tips dari Peter Block (The Empowered Manager) tentang bagaimana menciptakan Visi;

1. Forget about being number 1.

2. Don’t be practical.

3. Start with your customers.

4. How will we treat each other?

5. Make it radical and compelling.

Management vision is not only not the point, but it is not immortal.  Everyone needs to struggle with the question of what kind of future we want to create, and that vision is something that is alive and open to change.  Vision is more a dialogue than a declaration.  It is an important conversation, a significant stretch of the imagination, and it needs to emerge as a collective work-in-progress from each unit.  Once a vision is laminated, it loses its life.

Visi manajemen, tidak hanya bukan pada intinya. Setiap orang perlu untuk berjuang dengan pertanyaan seperti apa masa depan yang ingin kita ciptakan, dan visi itu adalah sesuatu yang hidup dan terbuka terhadap perubahan. Visi adalah sebuah dialog yang lebih dari sekedar sebuah deklarasi. Ini adalah percakapan yang penting, meregangkan imajinasi secara signifikan, dan butuh untuk muncul sebagai karya yang kolektif-dalam-progress dari masing-masing bagian. Sekali Visi itu dilaminasi, maka kehilangan hidupnya.

Peter Block, The Empowered Manager.

Salam kreatif.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.