Mengapa Kita Butuh Ilmu Data (Data Science)?

Mengapa Kita Butuh Ilmu Data (Data Science)?

Data science atau bisa disebut ilmu tentang Data, muncul menjadi salah satu profesi baru yang banyak dibutuhkan oleh beragam perusahaan. Sebuah disiplin akademis baru dikarenakan kebutuhan ketrampilan yang langka. Uniknya, Ilmu Data ini tidak membutuhkan latar belakang pendidikan yang spesifik untuk mempelajarinya. Seseorang dengan disiplin ilmu umum seperti psikologi pun bisa mempelajarinya.

Situs Linkedin sendiri dalam risetnya mempublikasikan bahwa Ilmu Data (data science) adalah profesi paling Hot dan dibutuhkan dalam dunia industri di tahun-tahun ini. Kehadiran ilmu data ini dengan cepat direspon oleh banyak lembaga pendidikan, terutama universitas-universitas besar diberbagai belahan dunia. Mulai banyak universitas yang menawarkan program pascasarjana untuk Ilmu data (data science).

Sangat menarik untuk dicerna, munculnya disiplin baru yang besar ini, mengingatkan saya akan munculnya ilmu komputer di tahun 1960an. Seperti juga ilmu data yang memiliki hubungan dengan berbagai disiplin ilmu, ilmu komputer juga memiliki keterkaitan dengan berbagai bidang seperti matematika, teknik dan manajemen. Dan mulai bisa dirasakan pergeseran ketertarikan ini dalam hal pekerjaan maupun studi keilmuan.

Sebenarnya apa itu ilmu data? Profesor Vasant Dhar dari New York University mengatakan bahwa ilmu data adalah dasar dari pemahaman akan pengetahuan data serta ekstraksinya. Para pelaku riset dan analitik sudah menggunakan statistik dengan metode terkait akan ini, namun statistik data yang muncul dalam jumlah sangat besar harus bisa dipahami lebih mendalam dan ini memunculkan ilmu pengetahuan yang baru yaitu ilmu data.

Analisis data digunakan untuk menjelaskan fenomena dengan mengekstrasi beberapa pola dan menarik data dari beberapa individu dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah dirumuskan. Ilmu data digunakan untuk menemukan dan mengekstraksi hasil dengan menindaklanjuti data yang bermunculan, kemudian membuat prediksi hingga sebuah keputusan, tidak sekedar menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Bahan baku data sangat heterogen dan tidak terstruktur, dari mulai jenis teks, gambar hingga video. Ilmu data tidak hanya bisa digunakan untuk menganalisa data namun juga untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang dengan harapan bisa memunculkan wawasan baru untuk masa depan.

Ilmu data ini menjadi sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk memprediksi banyak hal di masa depan, terkait dengan produk maupun layanannya. Ilmu data bisa menjadi alat untuk menemukan solusi dan value proposition seiring dengan perubahan jaman dan teknologi. Maka ilmu ini sangatlah penting dipelajari bagi pengampu organisasi baik perusahaan maupun self employee.

Selamat belajar dan salam kreatif.

2 comments found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.