Mengelola Waktu – Tips Efisiensi Waktu

Mengelola Waktu – Tips Efisiensi Waktu

Banyak orang kebingungan dalam mengelola waktu. Sebagian dari mereka terkagum-kagum melihat kemampuan orang lain dalam efisiensi waktu di kehidupannya. Dan mereka cenderung takut untuk belajar langsung dari orang lain. Salah satu faktor yang paling sering menjadikan diri kita kesulitan untuk membentuk efisiensi waktu adalah Percaya terhadap orang lain.

Apalagi bagi pengusaha pemula. Sebuah kesulitan tersendiri untuk bisa percaya terhadap kemampuan orang lain. Disamping karena kebiasaan yang sudah mendarah-daging, juga karena mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain memiliki resiko. Setidaknya itu pembenaran yang selalu diargumentasikan ketika sedang berusaha untuk mengelola waktu. Namun saya sedang tidak membahas itu.

Setiap orang memiliki 24 jam yang sama. Jadi bagaimana mengelola waktu dengan baik? Berikut ini tips efisiensi waktu;

1. Prioritas Pekerjaan

Buat daftar pilihan dengan menentukan skala prioritas kegiatan yang akan dilakukan. Fokus dalam menggunakan waktu prioritas pekerjaan. Gunakan dengan menyenangkan hingga menjadikan semua itu lebih produktif. Delegasikan pekerjaan yang bukan prioritas Anda.

2. Membagi Pekerjaan

Kita tidak akan mungkin melakukan semuanya sendiri. Ada banyak bagian yang kita tidak bisa. Bahkan Superman juga tidak menciptakan kostumnya sendiri. Kenali mana yang memang harus dikerjakan dan mana yang bisa dikerjakan oleh orang lain.

3. Menyambungkan Kegiatan

Saya sering dituntut oleh keadaan untuk melakukan meeting di hari minggu. Bila memang sedang tidak dalam meeting besar dengan rekan atau sedang tidak dalam liburan besar dengan keluarga, saya sering menyambungkan dua kegiatan tersebut dalam satu waktu. Sehingga waktu produktif dengan keluarga tetap bisa dijalani dan juga sebaliknya.

4. Hindari Pemboros Waktu

Sosial media yang muncul di jaman sekarang ini, sering menyedot perhatian kita tanpa disadari. Hingga menyedot waktu berharga yang seharusnya bisa digunakan. Baik untuk bekerja maupun untuk keluarga. Produktifitas menjadi berkurang. Perlu untuk membuat pilihan dan membatasi interaksi yang berlebihan. Menghemat energi untuk mencapai produktifitas yang diinginkan.

5. Menjadi Pembelajar yang Cepat

Anda mungkin akan berpikir bahwa belajar itu akan membutuhkan waktu yang lama, oleh karenanya butuh untuk benar-benar menghabiskan waktu dalam pembelajaran itu. Anda melupakan aspek bahwa selalu saja ada hal baru dan alat-alat baru hingga cara baru dalam mempelajari sesuatu. Akan lebih baik jika Anda coba saja, kemudian berhentilah saat mulai berlarut-larut.

6. Berhenti Menyalahkan Diri

Tidak perlu menyalahkan diri sendiri bilamana Anda tidak dapat melakukan semua yang diinginkan. Selalu akan terjadi hal yang terlewat, kita hanya perlu mencari gantinya dengan melakukan perencanaan yang lebih baik. Dunia tidak berakhir hanya karena Anda gagal pergi ke Luar Negeri sekali seumur hidup. Berhenti menyalahkan diri agar produktifitas tetap terjaga.

Salam Sukses.

[xyz-ihs snippet=”720x90Banner”]

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.