Wirausaha

Mengenal LEN Industri, BUMN Pembuat E-KTP

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang teknologi ternyata tidak hanya PT Dirgantara Indonesia. Masih ada lagi BUMN di bidang teknologi yang bergerak aktif dan berkembang dengan karya-karya teknologinya yaitu PT LEN Industri. Entah karena saya yang kurang pergaulan atau memang PT LEN Industri kurang mempublikasikan dirinya :D.

Saya baru mengenal LEN Industri belum lama ini saat teman dekat saya membicarakan beberapa produk hasil karya LEN Industri, salah satunya sinyal kereta api. Dalam ceritanya, teknologi sinyal kereta api hasil karya LEN tidak kalah dengan karya-karya perusahaan teknologi dari luar negeri. Ini sangat membanggakan, meskipun saya belum mengenal lebih detal tentang LEN Industri, namun setidaknya saya jadi belajar bahwa pengembangan teknologi di Indonesia tidak hanya tentang internet dan aplikasi yang di dominasi oleh pengembang dari luar negeri.

LEN Industri juga merupakan inisiator sekaligus pembuat aplikasi e-ktp yang sempat heboh itu, sehingga direkturnya yaitu Ir Abraham Mose, sempat dikaitkan dengan kasus korupsi tersebut. Aplikasi E-KTP merupakan terobosan keren, karena dengan adanya E-KTP maka tujuan untuk mencapai Single Identity (Single ID) bisa lebih mudah. E-KTP merupakan pintu masuk ke dalam pembuatan Single ID. Kita tahu, dibanyak negara maju, Single ID sudah banyak diterapkan. Dan ini dikerjakan oleh PT LEN Industri, BUMN bidang teknologi.

Sebagai penggiat teknologi tentu saja saya ikut berbangga hati mengetahuinya, sebab dari sejak dahulu kita semua tahu bahwa proyek pemerintahan terutama di bidang teknologi baik pertahanan maupun transportasi kebanyakan dikerjakan oleh pengembang luar negeri. Sementara orang-orang pintar di Indonesia juga tidak sedikit. Semoga saja, LEN Industri ini bisa terus menerus memunculkan inovasi-inovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan negara Indonesia.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

2 thoughts on “Mengenal LEN Industri, BUMN Pembuat E-KTP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *