Mengolah Ide dan Lebih Kreatif

Di sebuah bisnis, dibutuhkan kemampuan yang bagus untuk bisa melihat atau mencerna dinamika serta fenomena yang berkembang. Sehingga bisa memunculkan ide-ide serta inovasi yang lebih bagus, tepat guna dan sasaran. Menentukan ide, mengolah ide bahkan mengembangkan ide bisa dimulai dengan membuat langkah yang sederhana guna memetakan serta memunculkannya.

Berikut ini beberapa langkah sederhana untuk mengamati, me-reka ulang dan menentukan sebuah ide;

1. The Status

Letakkan posisi produk atau mungkin pikiran, ke dalam situasi yang sedang berlangsung saat ini (status quo). Amati dan lihat bagaimana produk bisnis kita dalam pandangan masyarakat atau konsumen. Atau bisa juga mengamati kemungkinan memecah belah bundling dalam sebuah bisnis. Kejadian apa yang sedang berlangsung, bisnis apa yang sedang marak, produk apa yang lagi tren dan letakkan atau kaitkan dalam posisi bisnis/produk kita.

2. The Observation

Lakukan observasi konkrit dengan mengedepankan metode Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Apa (what) berguna untuk mengetahui kebutuhan konsumen akan produk. Mengapa (Why) berguna untuk mengedepankan ide atau argumentasi akan situasi yang dibutuhkan dari sisi konsumen. Bagaimana (how), berguna untuk mendapatkan solusi yang tepat guna.

3. The Story

Cerita apa yang sering muncul di masyarakat. Gali dan temukan kalimat yang bisa mendeskripsikan kebutuhan tersebut.

Dan selanjutnya Anda bisa mengunduh (download) slide tentang defining point of view di Slideshare.

Selamat berkarya dan sukses selalu.

1 comment found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.