Menikmati Keindahan dalam Kesederhanaan

Menikmati Keindahan dalam Kesederhanaan

“Tadi ada seekor cicak yang sedang kasmaran dan mengejar betinanya, juga ada daun kuning jatuh dari pohon besar, di pinggir sana ada pula segelas teh panas yang terasa nikmat sekali”.

Ada keindahan dalam hal-hal yang sederhana. Banyak terselip makna keindahan dari setiap pandang yang menyudut, membentuk dan mewarnai berbagai hal. Kegagalan, ketidakberhasilan, kekalahan pun mengandung keindahan. Keindahan yang muncul karena kontrol perasaan dan pikiran dalam menerima banyak hal.

Seringkali kita hanya puas pada kesuksesan, keberhasilan yang hingar bingar, keuntungan yang berlimpah. Sering kita menjadi lupa, bahwa banyak keindahan dalam kesederhanaan yang pernah atau masih terus kita nikmati. Enaknya bakso tempat SMA kita dulu; murah, gurih, nikmat, dan penuh keceriaan. Tertawa bersama teman-teman meski kaki terantuk batu dan jatuh. Lucunya anak-anak kecil di kebon binatang, walaupun bau tahi gajah tidak enak sekali. Gembiranya pembantu yang mau pulang lebaran ketika kita beri baju dan uang tambahan.

Dalam kesibukan kota, dalam kebiasaan iPhone, BB, iPad, DVD, masih adakah hal-hal kecil seperti ini membuat anda bahagia? Apakah “inner joy” anda masih bisa bersorak sorai, ataukah sudah tidak ada lagi “keceriaan nurani” ini dalam kehidupan anda?

Kehidupan bukanlah hanya berisi sederetan rekor kesuksesan dengan tonggak tonggak manifesto sejarah, tetapi juga berisi rentetan kesederhanaan yang indah dan penuh arti.  Kenikmatan itu murah, kalau kita tahu bagaimana cara menikmati hidup ini. Kita tidak perlu tersandera oleh dogma kehidupan yang mendewakan harta dan materi. Tapi merasakan rasa indah dalam kesederhanaan yang ada.

Mungkin telah terjadi tujuh puluh dua hal kecil yang indah yang kita lalui hari ini, tetapi mata kita tertutup pada satu proyek yang tidak juga goal atau hati dan pikiran kita tertutup hanya karena ketidaksukaan terhadap sesuatu dengan berlebihan. Mata kita masih saja tertutup pada kejengkelan. Dan kita masih saja tidak bisa melepas kesedihan atas hal-hal yang tidak penting itu.

Mengapa tidak mencoba membuka mata kita dengan bening? Buka tirai gorden yang menutupi perjalanan Anda, tengok keluar dan rasakan keindahan pemandangan luar biasa yang kita lalui. Bukan dengan menutup tirai gorden jendela mobil yang kita tumpangi melewati perjalanan ini. Karena kita tidak akan berhasil melihat hal-hal luar biasa dalam perjalanan.

Bagaimana menikmati keindahan dalam kesederhanaan? Dan bagaimana kita memilih cara memandang hidup ini adalah hak kita sendiri. Cobalah menikmati keindahan dalam kesederhanaan dan menjalaninya dengan penuh rasa. Terlalu sia-sia hidup yang hanya sekali ini bila keindahan berlalu dari kehidupan kita.

Salam Kreatif.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.