Menulis Deskripsi Produk

Menulis deskripsi produk dengan baik agar banyak pembeli

Berjualan secara online, baik melalui toko online sendiri maupun situs toko jual-beli bersama (marketplace) tentu membutuhkan cara yang baik agar bisa mengoptimasi produk sehingga mudah ditemukan oleh pembeli.

Ada 3 elemen penting yang harus dipahami ketika mulai memasarkan produk secara online:

  1. Menulis judul yang menarik
  2. Foto produk dari berbagai sisi (angle), menggunakan kamera profesional sangat disarankan
  3. Deskripsi produk yang jelas dan lengkap

Perlu juga untuk memahami secara psikologis target pasar yang dituju karena akan sangat membantu kita membuat judul, foto produk dan deskripsi yang lebih baik dimata pembeli.

Menulis judul yang menarik

Menulis judul yang menarik rata-rata adalah dengan menuliskan judul produknya sesuai dengan nama produk, kegunaan dan kelebihan. Misalnya: “Tas Kulit Rangrang asli dari Bali”, “Meja dari Kayu Jati Antik awet hingga 20 tahun”, dan sejenisnya.

Menulis-Deskripsi-Yang-Disukai-Pembeli

Membuat foto produk

Membuat foto produk dari berbagai sisi, bisa dilakukan dengan membuat tempat khusus untuk pengambilan foto disertai latar belakang yang mendukung pencahayaan kamera. Lakukan pengambilan foto dari depan, belakang dan samping kiri atau kanan.

Mengambil Foto

Menulis deskripsi produk dengan baik

Agar pembeli menjadi semakin paham tentang informasi produk yang dijual, maka mempelajari menulis deskripsi produk dengan baik sangat disarankan. Jangan pernah melakukan Copy Paste deskripsi dari produk yang sudah diiklankan/ditayangkan ditempat lain, karena mesin pencari tidak suka dengan duplikasi konten.

Menulis Deskripsi Produk

Berikut ini ada beberapa cara menulis deskripsi produk dengan baik:

1. Tulis rincian produk

Tuliskan informasi secara lengkap tentang produk yang dijual, dengan informasi yang komprehensif tentang produk yang ditawarkan maka pembeli akan lebih mudah memahami tentang produk Anda. Maka kemungkinan pembeli untuk membeli produk semakin besar. Rincian yang dicantumkan di antaranya ukuran, warna, dan material produknya.

Jika Anda menjual Tas Kulit, maka penting untuk memberikan rincian seperti ukuran tas, warna tas, bahan pembuatan tas atau bahkan proses pembuatannya. Begitu juga dengan produk lainnya, tuliskan rincian produk yang ditawarkan selengkap mungkin.

2. Apa adanya

Salah satu hal yang membuat pelanggan kabur adalah dengan memberikan informasi yang tidak benar. Deskripsi produk harus akurat dan apa adanya. Bila memang kondisi produk yang dijual merupakan bekas pakai maka tulislah bekas pakai. Jujur akan lebih baik.

Pembeli yang tidak puas bisa menyebarkan berita tentang perilaku buruk penjual kemana-mana, ditambah sekarang ini adalah jaman sosial media, maka berita buruk bisa cepat sekali menyebar. Maka tuliskan deskripsi produk dengan apa adanya.

3. Tunjukkan manfaat

Pembeli akan lebih mudah tertarik jika mengetahui manfaat dari produk yang dijual. Mereka akan segera menjelajahi dengan baik jika manfaat terlihat untuk kebutuhan dirinya. Contoh menuliskan manfaat bisa seperti ini; Minuman ini menyehatkan serta mengurangi dehidrasi. Dan sejenisnya.

4. Berikan imajinasi

Deskripsi produk yang menarik akan membuat pembacanya mudah membayangkan sesuatu. Dia bisa membayangkan bila membeli (produk) ini maka dia akan bisa nyaman memakainya. Misalnya: Jaket dengan dua saku ditangan ini akan membuat dua tangan Anda lebih hangat saat memakainya.

Penting! Temukan apa kelebihan produk yang Anda jual dan buatlah sebuah imajinasi yang menarik pembeli.

5. Mudah dibaca

Jangan pernah menuliskan produk dengan tulisan-tulisan bergaya alay yang susah dibaca, seperti tulisan yang disingkat-singkat, hurufnya besar kecil tidak stabil, dan kalimat yang tidak runut. Pembeli akan malas untuk mencoba membaca tulisan deskripsi produk, karena mereka butuh cepat untuk mengetahui banyak tentang produk yang akan dibelinya.

6. Menambah gairah

Buatlah diskon atau keringanan bagi pembeli agar lebih bergairah untuk membeli produk yang dijual, misalnya Diskon 20% khusus pelajar, dan lainnya. Tuliskan hal ini sejak awal atau terakhir dari deskripsi produk.

Bagaimana menurut Anda tentang menulis deskripsi produk ini?

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

1 thought on “Menulis deskripsi produk dengan baik agar banyak pembeli”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *