Meningkatkan Kualitas Hidup

Metode Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Apakah setiap orang itu sibuk? Tentu. Ini yang sering dilupakan, kita terlalu berkecimpung dengan pikiran seakan-akan hanya diri kita yang sibuk melakukan banyak hal.

Siapapun dan sebesar apapun kesuksesan orang, akan selalu berpikir untuk meningkatkan kehidupan diri sendiri maupun kehidupan orang-orang yang ada disekelilingnya. Setiap diri manusia ada keinginan untuk terus tumbuh dengan semua kondisinya. Dan banyak sekali orang yang bangun di pagi hari dengan kehidupan yang tetap sama.

Hal Elrod, Author dari buku ‘The Miracle Morning,’ mengatakan; ada metode sederhana yang bisa diterapkan selama 6 menit setiap hari untuk meningkatkan kualitas hidup. Dalam bukunya dikatakan metode ini sebagai metode SAVERS. Meningkatkan kualitas hidup dan pengembangan pribadi bisa dilakukan setiap pagi sebelum beraktifitas lebih jauh.

Mari memulai pagi dengan hal-hal ini:

Menit 1, S = Silence atau Diam

Ketika bangun pagi dan bergegas menuju tempat kerja, cobalah diam sejenak selama 1 menit. Pikirkan tujuan hari ini, apa saja yang akan dilakukan. Duduk dengan tenang, ambil nafas dalam dan bernafas pelan. Pusatkan diri untuk mencapai kondisi pikiran yang optimal agar mencapai hari yang efektif di hari ini.

Tambahkan rasa syukur dengan menghargai waktu yang sudah tercapai saat ini. Diam, menenangkan pikiran, menurunkan ketegangan tubuh agar stres di hari kemarin menurun. Kembangkan rasa dan tujuan yang lebih jelas arahnya.

Menit 2, A = Afirmation atau Afirmasi

Ingatkan diri sendiri akan tujuan serta potensi yang dimiliki. Tujuan apa yang paling penting, dan bagaimana kita akan menyelesaikannya. Munculkan pikiran-pikiran penyemangat yang bisa memotivasi atas apa yang akan dikerjakan, fokuskan energi dalam melakukan tujuan hidup menjadi lebih baik.

Menit 3, V = Visualization atau Gambarkan

Tutup mata dan gambarkan apa yang akan terlihat dalam pekerjaan hari ini, tempatkan perasaan akan seperti apa agar kita mencapai tujuan tersebut. Lihat kembali visi utama dalam diri sendiri untuk meningkatkan keyakinan dan keinginan dalam mewujudkannya.

Menit 4, E = Exercise atau Latihan

Berdiri dan gerakkan tubuh selama 1 menit, alirkan kembali darah dan oksigen ke dalam otak kita. Bisa dengan melakukan lari-lari kecil, push up maupun sit up. Tingkatkan denyut jantung untuk menghasilkan energi dan meningkatkan kemampuan fokus.

Menit 5, R = Read atau Membaca

Baca 1 atau dua halaman buku yang berisi motivasi atau tujuan-tujuan hidup diri sendiri. Bisa juga dengan membaca buku yang berisi tujuan-tujuan hidup yang sudah kita tulis. Pelajari situasi serta ide-ide baru yang akan muncul di hari ini agar bisa lebih meningkatkan kinerja. Temukan sesuatu yang baru yang dapat digunakan untuk berpikir lebih baik, merasa hidup lebih baik dan semakin baik.

Menit 6, S = Scribing atau memotong

Ambil buku jurnal, luangkan 1 menit untuk menuliskan sesuatu. Apakah itu perasaan syukur atau sesuatu yang menyenangkan. Tulis poin 1 – 3 yang sudah berhasil diciptakan, agar kita makin memiliki titik yang jelas serta motivasi yang lebih tepat untuk mengambil tindakan.

Dan meningkatkan kualitas hidup ini akan lebih baik bila, kita Mulai hari ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *